10 Tanaman Hias Berdaun Pink yang Cerahkan Hunian

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/02/2021 09:03 WIB
Tanaman hias berdaun pink berikut dapat memberikan nuansa hangat dan kelembutan namun tetap lekat dengan suasana alam di tengah interior rumah Anda. Tanaman hias berdaun pink berikut dapat memberikan nuansa hangat dan kelembutan namun tetap lekat dengan suasana alam di tengah interior rumah Anda. (Foto: iStockphoto/skodonnell)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengoleksi tanaman hias masih menjadi tren dan hobi masyarakat kala pandemi Covid-19. Tanaman hias umumnya memiliki daun hijau tua dan hijau muda.

Namun jika Anda ingin memberikan kesan lain untuk dekorasi rumah, tak ada salahnya mengeksplorasi tanaman hias berwarna, misalnya berdaun pink atau merah muda.

Warna yang hampir selalu dilekatkan dengan warna perempuan ini memberikan nuansa hangat dan kelembutan, tapi tetap lekat dengan suasana alam dan kesuburan di tengah-tengah interior hunian.


Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

Bagi Anda yang penasaran, berikut daftar tanaman hias berdaun pink yang menawan, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mosaic plant

Fittonia, Foto: iStockphoto/olga_prava
Fittonia atau mosaic plant adalah tanaman hias berdaun pink dengan garis yang membentuk urat-urat

Apakah Anda sedang mencari tanaman hias untuk dekorasi indoor? Mosaic plant bisa jadi pilihan yang tepat karena ia dapat tumbuh subur di dalam ruangan.

Tanaman hias mosaic dengan nama latin Fittonia albivenis ini memiliki corak daun yang cantik. Ciri khasnya memiliki perpaduan warna daun hijau dan pink. Corak daun membentuk urat-urat kecil berwarna pink dan tepi daunnya berwarna hijau.

Perawatannya juga terbilang mudah. Cukup hindari meletakkan tanaman hias ini di bawah sinar matahari langsung dan pastikan tanahnya selalu lembap.

Selain itu, tanaman hias ini juga cocok sebagai terrarium. Tanamlah pada wadah kaca yang cantik agar makin estetik.

2. Dragon tree

[Gambas:Instagram]

Dragon tree atau Dracaena marginata terkenal karena daunnya yang panjang dan sempit, serta batang kayu yang ramping. Tanaman hias yang satu ini juga memiliki corak daun berwarna pink.

Tanaman hias ini cocok sekali bagi Anda yang enggak suka ribet. Mengapa? Karena tidak perlu keterampilan khusus untuk merawatnya. Cukup siram dragon tree setiap kali tanahnya sudah kering.

Menariknya, dragon tree bisa tumbuh dengan baik di area indoor atau outdoor. Sebab, tanaman hias ini dapat mentolerir cahaya redup maupun terang.

Meski dapat tumbuh pada cahaya yang redup, warna merah jambu dari dragon tree akan terlihat lebih baik jika terkena cahaya yang terang.


3. Aglaonema Pink Lady

aglaonemaFoto: istockphoto/ BugTiger
Aglaonema pink lady adalah adalah tanaman hias berdaun pink

Aglaonema menjadi tanaman hias dedaunan yang saat ini masih populer. Tak hanya jenis daun yang berwarna hijau, daun yang bercorak pink juga banyak dicari.

Tanaman hias ini memiliki corak daun berwarna pink yang cantik, dengan daun mengilap. Hal tersebut membuat tampilan aglaonema semakin memikat mata.

Aglaonema juga mudah dirawat. Cukup sirami secara teratur, tetapi jangan terlalu lembap tanahnya.

Berhubung tanaman hias aglaonema dapat menoleransi sinar matahari langsung atau kondisi cahaya sedang hingga rendah, maka cocok dijadikan tanaman hias indoor maupun outdoor.

4. Rex begonia

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias berdaun pink selanjutnya ialah Rex begonia. Jenis begonia ini memiliki daun berwarna merah jambu yang cantik. Tanaman hias rex begonia bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempercantik ruangan.

Sebab tanaman hias ini bisa tumbuh di bawah cahaya sedang hingga terang. Namun, sebaiknya letakkan tanaman hias ini di bawah sinar matahari tidak langsung agar daunnya tetap berwarna merah muda yang cantik.

Perawatannya cukup mudah. Siram rex begonia saat tanah baru mulai mengering.

5. Meranti Bali

Stromanthe Triostar or Tricolor plant. Tropical native Brazilian plant. Soft pink and green colors with a bit of cream. Photo taken in bright natural light in South Florida on April 30th 2018. Stromanthe tricolor.Foto: iStockphoto/Crystal Bolin Photography
Stromanthe Triostar adalah tanaman hias berdaun pink kombinasi hijau yang manis

Anda pasti tidak berhenti memandang tanaman hias ini. Tanaman Stromanthe atau disebut juga meranti bali mampu menciptakan ilusi optik bagi siapa pun yang melihatnya.

Sebab tanaman hias meranti bali ini memiliki corak daun yang unik. Daunnya akan terlihat berbeda hampir di setiap sudutnya.

Pada bagian atas daun hijau menampilkan warna putih, tetapi jika Anda melihatnya dari bawah, akan terlihat daun warna merah jambu yang kalem.

Meranti bali ini hanya tumbuh subur di tempat yang hangat dan lembap, jadi cocok buat tanaman hias indoor. Meskipun menyukai cahaya terang, namun tanaman hias ini juga tidak bisa terpapar sinar matahari langsung.

Maka dari itu, letakkan tanaman hias berdaun pink ini dekat jendela ruangan saja.


6. Calathea

[Gambas:Instagram]

Dengan pola daunnya yang halus dan mencolok, calathea menjadi tanaman hias yang banyak digemari. Tanaman hias ini juga sering disebut tanaman doa, karena mereka melipat daunnya pada malam hari.

Calathea dapat tumbuh subur pada area dengan cahaya tidak langsung. Sehingga bagi Anda yang ingin merawat tanaman hias indoor, calathea jadi pilihan yang tepat.

Perawatannya pun tidak membutuhkan keterampilan khusus. Cukup siram tanaman hias calathea secara teratur, tetapi jangan dibiarkan terlalu lembap.


7. Daun Hipotes

[Gambas:Instagram]

Tak kalah unik dengan yang lain, tanaman hias ini memiliki warna daun hijau hingga pink, dengan corak seperti polkadot. Pada dasarnya, hypoestes atau daun hipotes ini bisa mencapai tinggi 90 sentimeter di habitat aslinya.

Akan tetapi, ketika ditanam di dalam ruangan, mereka cenderung lebih mungil sehingga cocok ditanam dalam wadah terrarium.

Cara merawatnya juga cukup mudah. Pastikan tanahnya tetap lembap, terutama di musim panas. Namun, kurangi air saat di musim hujan.

8. Caladium

This is a macro photo of Caladium Elephant Ear PlantsFoto: iStockphoto/MAsummerbreak
Caladium adalah tanaman hias berdaun pink yang punya banyak variasi

Caladium termasuk tanaman hias yang populer. Karakteristik caladium terletak pada bentuk daunnya yang menyerupai hati.

Tanaman hias ini juga memiliki dedaunan dengan warna merah muda yang cantik. Corak daunnya ada yang berbentuk bintik-bintik berwarna pink, urat daun serta tepian daunnya berwarna kehijauan.

Jenis tanaman hias yang satu ini, menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin menghiasi halaman rumah. Jaga tanah tetap lembap dan tanam pada tempat yang teduh.

9. Cordyline

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias dengan dedaunan bernuansa merah muda lainnya adalah cordyline atau tanaman hanjuang. Karakteristik tanaman hias ini memiliki tepi daun yang berwarna merah muda.

Kemampuannya yang tahan panas matahari dengan baik membuat hanjuang cocok ditanam di pekarangan rumah. Perawatannya pun juga mudah.

Tanaman hias ini tahan meski dalam kondisi panas dan kering, tetapi jangan biarkan tanahnya sampai mengering sepenuhnya agar tak mati.


10. Tanaman Miana

Beautiful coleus plant or Painted Nettle with bright red and yellow leaves, growing in the gardenFoto: iStockphoto/Elenakirey
Coleus atau dalam bahasa Indonesia disebut tanaman miana adalah tanaman hias berdaun pink keunguan dengan pinggiran hijau cerah

Tanaman hias berwarna pink yang terakhir adalah miana, atau dalam bahasa latinnya disebut Coleus. Coleus juga menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mempercantik pekarangan rumah.

Tanaman semak ini umumnya banyak ditemukan di taman. Meski demikian, coraknya juga tak kalah cantik. Pinggiran daunnya berwarna hijau cerah dengan corak berwarna merah jambu keunguan.

Banyak juga jenis coleus lainnya yang dominan berwarna ungu. Bahkan disebut-sebut tanaman ini berkhasiat untuk mengobati wasir dan bisul.

Berbagai pilihan corak warna tanaman hias berdaun pink ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko offline maupun online.

(din/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK