5 Alternatif Pengganti Gula Putih yang Lebih Sehat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 11:02 WIB
Gula putih dapat diganti dengan pemanis alami yang lebih sehat. Berikut beberapa alternatif pengganti gula putih. Ilustrasi. Gula putih dapat diganti dengan pemanis alami yang lebih sehat. (iStockphoto/HandmadePictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gula putih dapat diganti dengan pemanis alami yang lebih sehat. Berikut alternatif pengganti gula putih.

Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, dan kanker. Gula dapat mengganggu hormon dalam tubuh sehingga menyebabkan peningkatan asupan kalori dan penambahan berat badan.

Berikut alternatif pengganti gula putih yang lebih sehat.


1. Stevia

Stevia adalah pemanis alami yang diekstrak dari daun Stevia rebaudiana. Daun Stevia kaya akan nutrisi dan fitokimia sehingga baik untuk kesehatan.

Dikut dari Healthline, kandungan di dalam Stevia dapat menurunkan tekanan darah, gula darah, dan insulin.

2. Pemanis buah monk

Pemanis buah monk adalah ekstraksi dari buah monk yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, terutama Thailand. Alternatif pemanis ini tidak mengandung kalori dan 100 kali lebih manis dari pada gula.

Buah monk mengandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa. Rasa manis juga didapat dari antioksidan yang disebut mogroside.

3. Gula kelapa

Gula kelapa diekstrak dari dari nira kelapa. Hasilnya, pemanis yang kaya nutrisi seperti seng, kalsium, kalium, dan antioksidan.

Gula kelapa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula biasa.

4. Madu

Madu kaya akan vitamin dan mineral serta antioksidan. Selain itu, asam fenolik dan flavonoid dalam madu juga membantu mencegah diabetes, peradangan, penyakit jantung, dan kanker.

5. Sirup maple

Sirup maple merupakan cairan manis yang dibuat dari getah pohon maple. Pemanis alternatif ini kaya akan mineral seperti kalsium, kalium, besi, seng, dan mangan.

Sirup maple juga mengandung lebih banyak antioksidan daripada madu.

Pemanis alternatif pengganti gula ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap hari.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK