Studi: Wanita Lebih Berteman Baik dengan Anjing Peliharaan

tim, CNN Indonesia | Senin, 08/02/2021 17:44 WIB
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan wanita ternyata lebih berteman baik dengan anjing peliharaan. IIustrasi. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan wanita ternyata lebih berteman baik dengan anjing peliharaan.: iStockphoto/Ababsolutum
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi para pencinta hewan peliharaan, baik pria dan wanita, tentu akan memberikan kasih sayang mereka sepenuhnya, layaknya kepada sahabat dan keluarga dekat.

Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan wanita ternyata lebih berteman baik dengan anjing peliharaan.

Penelitian, yang diterbitkan di Royal Society of Open Science mengevaluasi 18 anjing dan mencatat geraman mereka sebagai respons terhadap berbagai situasi berbeda.


Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa manusia dapat memahami gonggongan anjing, penelitian tersebut adalah yang pertama dari jenisnya yang berfokus pada geraman.

Anjing yang terancam karena didekati oleh orang asing adalah salah satu situasi yang dievaluasi, beserta anjing melindungi makanan mereka dari anjing lain dan bermain tarik-menarik dengan manusia.

Empat puluh manusia kemudian diminta untuk mengidentifikasi apa arti dari setiap geraman, yaitu ketakutan, agresi, kebahagiaan, keputusasaan, atau kesenangan.

Hasilnya, 63 persen peserta manusia mampu mengidentifikasi dengan benar mengapa anjing itu menggeram.

Dari 63 persen ini, wanita menghasilkan kinerja lebih baik daripada pria, dan seperti yang diharapkan, mereka yang memiliki hewan peliharaan pun lebih baik daripada mereka yang tidak.

"Studi kami baru-baru ini menunjukkan bahwa anjing dan manusia menggunakan area otak yang serupa dan mungkin proses yang serupa untuk menilai emosi orang lain dari vokalisasi," kata penulis utama studi tersebut Tamás Faragó kepada Broadly.

Mengenai mengapa wanita berteman lebih baik, penulis utama mengklaim ini karena wanita lebih berempati dan sensitif daripada pria.

Dia menjelaskan, "Ini adalah pola umum dalam studi pengenalan emosi. Wanita cenderung lebih berempati dan sensitif terhadap emosi orang lain dan ini membantu mereka untuk mengasosiasikan konteks dengan konten emosional geraman dengan lebih baik. "

Studi tersebut bukanlah yang pertama menyiratkan bahwa anjing mungkin, pada kenyataannya, menjadi sahabat wanita. Pada Desember lalu, satu penelitian yang melibatkan 1.000 peserta dari seluruh AS mengungkapkan bahwa wanita tidur lebih nyenyak di sebelah anjing daripada orang lain.

Menurut penelitian, anjing tidak mengganggu tidur sesering manusia, dan mereka juga memberi wanita lebih banyak perasaan nyaman dan aman daripada pasangan tidur manusia.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK