Warna Bunga Mawar dan Makna di Baliknya

tim, CNN Indonesia | Minggu, 14/02/2021 19:00 WIB
Mawar memiliki beragam warna seperti kuning, pink, putih, ungu, oranye, hingga biru. Berikut makna di balik warna bunga mawar yang membawa pesan berbeda-beda. Ilustrasi. Selain merah, mawar memiliki beragam warna seperti kuning, pink, putih, ungu, oranye, hingga biru. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bunga mawar kerap dikaitkan dengan warna merah. Bahkan ada pepatah yang menyebutkan, "Roses are red, violets are blue." Hanya saja, pada kenyataannya bunga mawar tidak selalu memiliki warna merah.

Memang tak bisa dipungkiri, mawar merah lebih banyak dikenal dan jadi primadona di Hari Kasih Sayang atau Valentine. Ini karena mawar merah menyimbolkan cinta, romantisme, keindahan dan kesempurnaan. Itu juga yang kemudian membuat bunga ikonis ini kerap dibanderol dengan harga selangit jelang 14 Februari.

Akan tetapi, ungkapan cinta dan kasih sayang tak harus dengan mawar merah. Mawar memiliki beragam warna seperti kuning, pink, putih, ungu, oranye, biru bahkan ada pula mawar kuning dengan semburat merah di sekelilingnya.


Berikut makna di balik warna bunga mawar yang membawa pesan berbeda-beda.

Mawar Kuning

Pekerja merangkai bunga Mawar yang dijual di sebuah toko bunga di Pasar Kembang Cikini, Jakarta, 14 Februari 2019. Pada perayaan hari kasih sayang atau hari Valentine  hari ini harga bunga mawar naik hingga dua kali lipat. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Bunga mawar kuning. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Mawar kuning mungkin jadi mawar paling 'bahagia' daripada rekan-rekannya. Kuning menyiratkan keceriaan dan cocok untuk diberikan pada kawan atau sahabat.

Menurut Alfred Palomares, Vice President of Merchandising di 1-800Flowers.com, mawar ceria ini seperti membawa pesan 'Kamu adalah kawan yang hebat!'.

Sebaiknya urungkan mawar kuning untuk pasangan karena sebagian mengklaim mawar kuning merepresentasikan kecemburuan dan ketidaksetiaan.

Mawar Merah Muda atau Pink

Ilustrasi bunga mawar Bunga mawar pink. (Meredith Whitman)

Jika mawar merah dinilai 'bold' alias berani, semua sepakat kalau pink lebih menyiratkan kelembutan. Mawar pink menyimbolkan keanggunan, syukur dan kegembiraan. Namun beda pesan, beda pula mawar pink yang Anda perlukan.

Di pasaran Anda akan menemukan mawar pink dengan tiga gradasi yakni, lebih tua (deep pink), sedang (medium pink) dan pink muda (light pink).

Palomares berkata jika Anda ingin menyampaikan rasa bahagia akan hubungan persahabatan yang selama ini terjalin maka, berikan mawar pink tua.

"Karena mereka mengindikasikan kebahagiaan dan syukur," katanya mengutip dari Reader's Digest.

Kemudian pink medium lebih cocok untuk segala sesuatu yang feminin. Mawar satu ini pas untuk berbagai situasi misal perayaan juga suasana duka.

Sedangkan mawar pink muda jadi alternatif untuk mawar putih. Warnanya yang pusat menyiratkan kemurnian sekaligus menyampaikan pesan apresiasi.

Menurut Palomares, mawar ini pas untuk diberikan pada ibu, kakak perempuan juga teman dekat.

Mawar Putih

Menilik sejarahnya, mawar putih erat dengan kemurnian. Dikutip dari Good Housekeeping, mawar putih dikaitkan dengan pernikahan dan spiritualitas.

Mawar putih sebenarnya memiliki makna 'hati yang tidak mengenal cinta'. Namun bukan berarti mawar putih tidak cocok untuk suasana Valentine day.

"Sebuket mawar putih adalah hadiah ideal untuk romantisme yang berbunga-bunga," ujar Palomares.

Mawar Ungu

Ungu gelap atau mendekati warna plum, kerap dikaitkan dengan keluarga kerajaan. Barangkali Anda langsung membayangkan kehidupan yang glamor, berkilau dan menyenangkan bak negeri dongeng.

Namun mengirim mawar ungu bisa jadi langkah awal untuk menuju perasaan cinta jangka panjang. Untuk warna lebih lembut seperti mawar dengan warna ungu muda (lavender), bisa bermakna cinta pada pandangan pertama.

Mawar Oranye

Mawar oranye menggambarkan rasa penasaran diikuti dengan renjana dan antusiasme. Mawar oranye cocok untuk diberikan pada kawan karib atau gebetan sebagai tanda Anda menginginkan kedekatan Anda berdua 'naik level'.

Mawar Biru

Anda tidak akan menemukan mawar biru kecuali mawar ini diberi pewarna indigo atau pewarna lain.

Bukan berarti Anda ingin memberikan kepalsuan tetapi justru mawar biru merepresentasikan misteri, ketidakmungkinan. Lewat mawar biru, Anda sekaligus memberikan pesan bahwa si dia adalah 'one-of-a-kind'.

Mawar Kuning dan Merah

Saat mawar kuning menggambarkan pesan pertemanan atau persahabatan, mawar kuning dengan semburat merah punya makna berbeda.

Mawar dengan semburat merah ini bisa berarti 'jatuh cinta'. Kado mawar ini bakal sempurna buat hubungan baru yang sebelumnya diawali dengan pertemanan.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK