Warna Cat Dinding Terbaik untuk Kerja dari Rumah

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 07/02/2021 10:38 WIB
Berdasarkan psikologis, terdapat warna cat dinding terbaik untuk bekerja dari rumah. Ilustrasi. Berdasarkan psikologis, terdapat warna cat dinding terbaik untuk bekerja dari rumah. (iStockphoto/Vanit Janthra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah faktor dapat memengaruhi produktivitas dan suasana hati saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH), termasuk warna dinding. Berdasarkan psikologis, terdapat warna dinding terbaik untuk bekerja dari rumah.

Studi menunjukkan, warna dinding dapat mempengaruhi produktivitas, suasana hati, dan kesehatan mental seseorang.

Psikolog Lee Chambers menjelaskan, terdapat sejumlah warna yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah. Berikut warna dinding terbaik untuk bekerja dari rumah berdasarkan psikologis.


1. Biru

Biru merupakan warna yang identik dengan produktivitas.

"Biru terkenal sebagai warna produktivitas. Biru meningkatkan ketenangan, konsentrasi, dan keseimbangan emosional," kata Chambers, dikutip dari Metro UK.

Namun, terlalu banyak warna biru juga dapat membuat terlalu rileks dan menghilangkan ide kreatif.

"Jadi, coba kombinasikan dengan aksen warna yang hangat," ucap Chambers.

2. Hijau

Warna hijau juga dapat dipertimbangkan sebagai warna dinding di ruang kerja Anda. Warna hijau dapat meningkatkan fokus.

"Hijau adalah warna ketenangan dan pertumbuhan, hijau mengurangi kelelahan mata, membantu fokus dan perhatian jangka panjang," kata Chambers.

Meski tidak menunjang produktivitas sebanyak warna biru, hijau baik untuk kesehatan mental.

Selain menggunakan warna-warna terbaik ini, Anda juga mesti menghindari sejumlah warna lain.

Misalnya, warna dinding yang polos. Menurut Chambers, warna dinding yang polos dapat menimbulkan perasaan sedih dan depresi, terutama pada perempuan.

Hindari pula menggunakan warna oranye karena mengurangi produktivitas, serta warna ungu karena dapat merusak suasana hati. Penggunaan warna merah juga dapat mengganggu fokus dan konsentrasi sehingga meningkatkan risiko kesalahan saat bekerja.

Namun, warna merah bagus untuk aktivitas fisik karena dikaitkan dengan gairah. Warna merah dapat meningkatkan aliran darah dan detak jantung, sehingga baik untuk ruangan gym.

Pilih-lah warna yang tepat untuk dinding rumah Anda agar aktivitas semakin maksimal.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK