5 Makanan Pereda Rasa Pedas: Kacang hingga Susu

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/02/2021 10:55 WIB
Rasa pedas bisa membuat mulut terasa seperti terbakar. Usir dengan sederet makanan pereda rasa pedas berikut. Ilustrasi. Sederet makanan, termasuk susu, ampuh dalam meredakan rasa pedas. (iStockphoto/nipastock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rasa pedas bisa sangat mengganggu kenyamanan mulut. Usir rasa mulut terbakar dengan sederet makanan pereda rasa pedas.

Makanan pedas memang paling enak jika dijadikan camilan siang menuju sore. Camilan pedas membuat mata yang tadinya layu mengantuk kembali segar.

Namun, rasa yang terlalu pedas bisa membuat mulut terasa seperti terbakar. Mulut akan terasa panas dan sedikit perih.


Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa makanan pereda rasa pedas yang bisa Anda konsumsi untuk mengusir rasa tak nyaman tersebut.

Berikut mengutip berbagai sumber.

1. Susu atau produk susu

Seteguk susu dingin atau sesendok yogurt akan menenangkan mulut dan menghilangkan sensasi terbakar yang dirasa.

Mengutip NDTV, protein dalam produk susu yang disebut kasein dapat membantu memecah capsaicin (senyawa pencipta rasa pedas) dan memberikan sedikit ketenangan.

2. Gula atau madu

Gula memang tak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Tapi, gula bisa memberikan ketenangan setelah Anda sibuk melawan rasa pedas di mulut.

Konsumsi 1/2 sdt gula atau madu setelah Anda mengonsumsi makanan pedas. Gula atau madu dapat menyerap capsaicin yang berbasis minyak, yang pada gilirannya dapat menghilangkan rasa pedas.

3. Roti atau nasi

Pati menjadi penghalang alami antara capsaicin dan mulut. Sama seperti gula, pati juga punya kemampuan menyerap capsaicin.

Selain roti atau nasi, Anda juga bisa mengonsumsi kentang rebus untuk melawan rasa pedas.

4. Cokelat

Sebatang cokelat berguna untuk mengurangi sensasi terbakar di mulut akibat makanan pedas.

Mengutip Medical Daily, kandungan lemak yang tinggi pada cokelat akan membantu mengeluarkan sebagian capsaicin dari mulut karena sifatnya yang lebih larut.

Cokelat susu akan memberikan manfaat yang lebih baik daripada dark chocolate karena kandungan lemak dan kasein yang lebih tinggi.

5. Selai kacang

Anda bisa mengonsumsi selai kacang untuk meredam rasa pedas. Mengutip Greatist, sama seperti cokelat, selai kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemak dapat membantu mengeluarkan capsaicin dari mulut.

Lima daftar di atas merupakan makanan pereda rasa pedas yang bisa Anda gunakan. Anda disarankan untuk menghindari air putih, minuman beralkohol, dan minuman bersoda karena akan memperparah rasa pedas.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK