Diet ala Khabib Nurmagomedov, Pilih Makanan Halal

tim, CNN Indonesia | Selasa, 09/02/2021 14:41 WIB
Khabib Nurmagomedov tak hanya disiplin dalam latihan tapi juga soal makanan. Nutrisionis mengatakan bahwa Khabib selalu mengharuskannya memberi makanan halal. Khabib Nurmagomedov tak hanya disiplin dalam latihan tapi juga soal makanan. (AFP/Kirill Kudryavtsev)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama Khabib Nurmagomedov melambung usai mengalahkan Conor McGregor pada 2019 lalu. Namun pegulat asal Rusia ini memutuskan untuk pensiun setelah mengalahkan Justin Gaethje ada UFC 254.

Meski demikian, prestasi dan performanya di ring Mix Martial Arts (MMA) masih lekat di ingatan penggemarnya. Belum ditambah komentar-komentarnya yang tajam nan kontroversial.

Prestasi jelas harus dibayar dengan disiplin, tak hanya dalam urusan latihan tetapi juga nutrisi. Mantan nutrisionis Khabib, Tyler Minton, berkata pria kelahiran 1988 ini memang paling disiplin soal makanan. Menurut Minton, Khabib selalu mengharuskannya memberi makanan halal.


"Khabib sangat disiplin soal makanan halal. Dia bilang, 'Saya bisa carikan bahan makanan, atau kamu cari sendiri, tapi saya ingin bahan makanan yang halal.' Saya kurang familiar, Khabib kemudian mengedukasi saya mengenai makanan halal," ucap Minton saat wawancara dengan Overtime Radio.

Meski tidak menyebut secara detail makanan halal versi Khabib, dilansir Health Yogi, Khabib begitu serius soal tubuh terutama area perut. Tak heran petarung dengan julukan 'The Eagle' ini disiplin memberikan tubuh makanan yang sehat dan penuh nutrisi.

Makanan seperti apa yang dikonsumsi Khabib?

1. Hindari makanan olahan

Makanan olahan biasanya tinggi garam dan lemak sehingga ini tidak sehat buat tubuh. Oleh karenanya, Khabib sangat menghindari makanan olahan

2. Rendah kalori

Khabib lebih banyak mengonsumsi makanan mentah, buah segar dan sayuran.

3. Pangan tinggi protein

Protein sangat diperlukan untuk memperbaiki dan membentuk otot. Protein juga mampu memasok energi selain konsumsi karbohidrat. Khabib menyukai daging, chutney (sejenis selai gurih ala India), dan juga ikan.

4. Piza

Ia menetapkan satu hari untuk cheating atau menyantap makanan yang jelas tidak memiliki 'label' sehat yakni, piza.

Menu Harian

Berikut contoh menu harian Khabib sehingga performanya baik saat di dalam ring, dikutip dari Sportswallah.

Sarapan

Setelah bangun tidur, Khabib menyantap smoothie yang terdiri dari beberapa jenis sayuran dan buah juga bubuk protein. Setelah itu ia minum satu sendok teh minyak ikan.

Setelah latihan

Setelah latihan intensif, ia makan semangkuk yogurt Yunani dengan dua sendok makan walnut yang dihancurkan dan setengah cangkir blueberry.

Makan siang

Untuk makan siang, ia punya menu yang kurang lebih sama setiap hari. Terdapat salad hijau yang terdiri dari bayam, kubis, tomat, jamur, ketimun dan baby romaine. Untuk protein, ia mengonsumsi tuna yang dimasak dengan cuka, seledri, mustard juga bawang putih.

Camilan

Antara makan siang dan makan malam, terdapat camilan terdiri dari dua telur rebus dan dua paprika merah dengan ketimun.

Makan malam

Sedangkan untuk makan malam, biasanya terdiri dari ayam atau kalkun panggang juga zucchini atau asparagus yang dimasak dengan garam pink Himalaya dan minyak zaitun.

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK