7 Tips Diet Jalan Kaki Ala Melly Goeslaw dan Tya Ariestya

tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/02/2021 08:34 WIB
Beragam cara dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan termasuk metode diet jalan kaki, seperti yang dilakukan sejumlah selebritis. Beragam cara dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan termasuk metode diet jalan kaki, seperti yang dilakukan sejumlah selebritis. (Foto: Tangkapan layar instagram @melly_goeslaw dan @tya_ariestya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi Kenamaan Indonesia, Melly Goeslaw berhasil menjalani diet menurunkan berat badan dengan metode jalan kaki dan kini berhasil menurunkan berat badannya secara drastis.

Metode yang sama juga dilakukan Tya Ariestya. Dengan bantuan kebiasaan jalan kaki, ia bisa menurunkan berat badannya hingga 25 kilogram. Ia mengaku kebiasaan tersebut amatlah efektif membantu menurunkan berat badan.

"Jalan 45 menit, non stop, tanpa keringetan, tanpa capek, tanpa ngos-ngosan, cukup 1 kali sehari," ujar Tya dalam channel Youtube pribadinya.


Artikel ini membahas bagaimana cara menurunkan berat badan dengan diet jalan kaki yang efektif menurut laman Eat This:

1. Berjalan kaki saat siang hari

Cara yang pertama, disarankan berjalan kaki saat siang hari.Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Endocrinology, orang dewasa yang kurang tidur dan terpapar cahaya redup setelah bangun memiliki konsentrasi hormon leptin yang lebih rendah.

Sementara itu, bagi mereka yang terpapar sinar matahari yang cukup memiliki hormon leptin yang lebih tinggi. Hal ini bagus dilakukan agar dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Berjalan kaki dengan cepat

Jika Anda berjalan 150 pon dengan cepat (sekitar 5 Km per jam), maka itu akan membakar sekitar 300 kalori setiap 60 menit.

Saat dilakukan selama 30 menit, maka Anda akan membakar lebih dari 1.000 kalori. Penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran kalori mingguan semacam ini membantu Anda terhindar dari penyakit jantung dan berat badan yang ideal.

Sementara, menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, Fiastuti Isbandi Witjaksono dikutip dari video CNN Indonesia TV, efektivitas jalan kaki untuk menurunkan berat badan tetap bergantung pada kalori yang masuk dalam tubuh.

"Jadi kalau ditanya apakah jalan kaki bisa bantu menurunkan berat badan, sebenarnya tergantung berapa banyak kalori kita yang masuk, berapa banyak kalori kita yang dibutuhkan untuk jalan kaki," kata Fiastuti.

Selain itu, ia juga memaparkan bahwa dengan berjalan kaki maka akan meningkatkan kebutuhan energi kita yang artinya menambah energi yang keluar.

ilustrasi jalan kakiDiet jalan kaki jadi salah satu metode menurunkan berat badan yang bisa dilakukan (Foto: iStockphoto/ VTT Studio)

"Jadi, kalau mau turun berat badan dari jalan kaki, jalan kaki-nya tentu harus cukup banyak," pungkas Fiastuti.

3. Variasikan kecepatan berjalan Anda

Sebuah penelitian menemukan bahwa berjalan dengan kecepatan yang berbeda-beda dapat membakar hingga 20 persen lebih banyak kalori dibandingkan dengan menjaga kecepatan tetap.

Studi yang dilakukan tahun 2015 oleh Ohio State University adalah salah satu studi untuk mengukur kalori yang terbakar dari perubahan kecepatan berjalan.

Meskipun berjalan cepat selama 30 menit adalah ide yang bagus, namun cobalah dalam beberapa menit di mana Anda mempercepat dan memperlambat jalan kaki Anda agar lebih seimbang.

4. Ayunkan lengan Anda saat berjalan kaki

Ayunan lengan yang kuat tidak hanya mempercepat langkah Anda, tetapi juga memberikan latihan tubuh bagian atas yang baik. Terlebih lagi, gaya berjalan dengan mengayunkan lengan akan menurunkan lima hingga 10 persen kalori lebih banyak.

Tekuk lengan Anda 90 derajat dan ayunkan dari bahu. Ayunkan secara alami, saat mengayun ke depan, pergelangan tangan Anda harus berada di dekat bagian tengah dada.

5. Berjalan kaki dengan menanjak

Tips diet jalan kaki lainnya adalah dengan jalan menanjak. Berjalan cepat menanjak adalah contoh yang bagus untuk latihan interval. Otot kaki akan lebih bekerja dengan baik jika Anda sedikit mencondongkan tubuh ke depan saat berjalan menanjak.

Karyawan menuju kantor saat pagi di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin, 8 April 2019. CNNIndonesia/Safir MakkiDiet metode jalan kaki sebaiknya dilakukan konsisten (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)

6. Cobalah berjalan mundur atau disebut gaya 'retro'

Cara menurunkan berat badan dengan berjalan kaki yang efektif selanjutnya ialah berjalan mundur demi menghindari nyeri otot. Mulailah secara perlahan, jangan mencoba berjalan mundur lebih dari seperempat mil pada minggu pertama.

7. Minumlah teh hijau setelah berjalan kaki

Cara menurunkan berat badan dengan jalan kaki yang terakhir adalah minum teh hijau. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi tiga cangkir teh hijau setiap hari setelah berjalan kaki akan meningkatkan kemampuan untuk membakar lemak selama berolahraga.

Itulah 7 tips diet dengan metode jalan kaki yang bisa Anda lakukan tanpa harus takut merasa kelelahan hebat, membutuhkan energi yang besar, dan membebani pikiran Anda.

(din/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK