Studi: Minum Kopi Hitam Turunkan Risiko Gagal Jantung

tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2021 12:00 WIB
Studi terbaru menunjukkan kopi hitam baik untuk kesehatan jantung. Hanya saja, bukan sembarang kopi hitam. Studi terbaru menunjukkan kopi hitam baik untuk kesehatan jantung. Hanya saja, bukan sembarang kopi hitam. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Studi terbaru menunjukkan kopi hitam baik untuk kesehatan jantung. Penelitian ini menemukan orang yang minum kopi hitam setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung. Hanya saja, bukan sembarang kopi hitam. Kopi hitam ini punya kriteria tersendiri.

Temuan ini disebut dapat mengubah stigma yang menganggap kopi buruk untuk jantung.

"Kopi dan kafein sering dianggap 'buruk' bagi jantung karena orang mengasosiasikannya dengan jantung berdebar, tekanan darah tinggi, dan lainnya. Hubungan yang konsisten antara peningkatan konsumsi kafein dan penurunan risiko gagal jantung mengubah asumsi tersebut," kata peneliti dari University of Colorado, David Kao, dikutip dari CNN.


Studi yang dipublikasikan di AHA Journals ini menganalisis pola makan lebih dari 5.000 orang yang tidak punya penyakit jantung di Amerika Serikat. Peneliti menganalisis pola makan mereka sejak 1948 hingga 72 tahun lamanya. Keturunan mereka selama tiga generasi juga ikut diteliti.

Peneliti lalu membandingkan kondisi jantung orang yang minum kopi setiap hari dengan yang tidak. Hasilnya, peneliti menemukan setiap cangkir kopi yang dikonsumsi menurunkan risiko gagal jantung 5-12 persen.

Saat seseorang minum dua cangkir kopi hitam, risiko pun menurun 30 persen.

Kopi hitam seperti apa yang baik untuk jantung?

Studi ini menemukan kopi hitam yang baik untuk jantung adalah kopi hitam murni atau tanpa gula dan campuran lainnya. Penambahan susu, gula, perasa, dan krim yang berkalori tinggi justru dapat membuat manfaat kopi untuk jantung hilang.

Kopi ini juga harus mengandung kafein. Pasalnya, kopi tanpa kafein (decaf) justru dikaitkan dengan peningkatan risiko gagal jantung.

Selain itu, secangkir kopi mengandung 8 ons biji kopi. Rata-rata di kedai kopi mengandung hampir dua kali lipatnya atau 16 ons.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK