Cara Menyetrika Sepatu Bekas Agar Terlihat Seperti Baru

tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2021 20:17 WIB
Siapa sangka setrika bisa membuat sepatu terlihat seperti baru kembali? Berikut cara menyetrika sepatu bekas agar terlihat baru kembali. Ilustrasi. Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sepatu terlihat mengkilap dan seperti baru dengan menggunakan setrika. (greyerbaby/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setrika tak hanya berguna untuk merapikan baju. Siapa sangka jika setrika juga membantu membuat sepatu terlihat seperti baru kembali? Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sepatu terlihat mengkilap dan seperti baru dengan menggunakan setrika.

Cara itu dibagikan oleh seorang pria bernama Miguel Solorio, yang dikenal sebagai 'dokter sepatu' atau seseorang yang ahli soal perawatan sepatu.

Lewat akun Tik Tok nya, Soloria membagikan serangkaian video yang memperlihatkan caranya membersihkan sepasang sepatu Nike Air Force Ones bekas terlihat menjadi baru kembali dengan menggunakan setrika.


Solorio memulainya dengan sepatu kiri. Sebelum membersihkannya, dia mulai dengan melepas tali sepatu. Dia melanjutkan dengan memasak 'shoe tree' atau alat yang diletakkan di dalam sepatu yang menyerupai bentuk kaki dan menyiapkan pembersihnya.

Jika tak ada 'shoe tree', Anda bisa menggunakan lap yang dimasukkan ke dalam sepatu hingga sepatu terlihat kokoh.

"Tak ada yang bilang kalau itu [membersihkan sepatu] akan mudah. Gosok ke bawah dengan lap atau spons, bersihkan kotoran yang menempel," kata Solorio, mengutip The Sun.

Solorio menggosok semua bagian sepatu dengan spons dan mencuci tali sepatu dengan kedua tangannya.

"Lalu saatnya menyetrika," ujar Solorio.

[Gambas:Instagram]

Cara untuk menyetrika sepatu juga terbilang mudah. Basahi lap dengan air, lalu tempelkan lap tersebut pada bagian sepatu yang akan disetrika. Selanjutnya, Soloria menyetrika sepatu yang telah dilapisi oleh lap tadi.

"Ambil handuk atau lap dan basahi. Letakkan di atas permukaan sepatu. Lalu, tiba bagian menyenangkan, menyetrika," kata Solorio.

Cara tersebut dilakukan agar sepatu yang disetrika tidak terlihat kusut.

Setelah selesai, Solorio membandingkan sepatu kiri dan kanannya yang terlihat sangat berbeda. Sepatu kiri terlihat begitu mengkilap dan seperti baru.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK