6 Tips Olah Ikan Agar Tidak Berbau Amis

tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 05:34 WIB
Terdapat beberapa cara mengolah ikan agar tidak terasa atau berbau amis. Ilustrasi. Terdapat beberapa cara mengolah ikan agar tidak terasa atau berbau amis. (Klinkow/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jika pernah memasak ikan di rumah, Anda mungkin akrab dengan makanan laut yang terkadang memiliki rasa atau bau amis yang tidak menyenangkan.

Terkadang, itu bisa membuat siapa pun ingin berhenti memakannya. Namun sebelum berhenti sepenuhnya, ketahuilah bahwa ada beberapa metode mudah yang membantu rasa ikan agar tidak terlalu amis - sehingga Anda dapat menikmati makan malam dan menuai manfaatnya.

"Mengonsumsi ikan adalah cara yang bagus untuk menambahkan protein, vitamin, dan mineral seperti yodium, selenium dan vitamin D," kata Michelle Routhenstein, ahli diet kardiologi preventif dan penulis The Truly Easy Heart-Healthy Cookbook, kepada Livestrong.


Dia lanjut mengatakan, "Memilih ikan berlemak seperti salmon liar serta sarden juga menambah asam lemak omega-3 sebagai anti-inflamasi dan menyehatkan jantung."

Apa yang membuat ikan terasa amis?

Menurut American Society for Nutrition ikan di lautan mengandalkan senyawa yang disebut trimethylamine oxide (TMAO) untuk melawan rasa asin air laut dan menjaga keseimbangan cairan. Namun, ketika ikan mati, TMAO-nya diubah menjadi trimethylamine (TMA), yang menghasilkan bau amis.

Berikut cara mengolah ikan agar tidak terasa atau berbau amis.

1. Rendam dalam Lemon

Ilustrasi Lemon dan Jeruk  NipisIlustrasi lemon dan jeruk nipis. (karandaev/Thinkstock)

Ada alasan mengapa Anda sering melihat ikan dan lemon bersamaan. Jus lemon, atau asam apa pun, bereaksi dengan TMA dalam ikan untuk menghilangkan baunya. Ini termasuk jeruk nipis, jeruk, cuka dan saus tomat.

"Saya suka menambahkan lemon atau bumbu berbahan dasar cuka dan membiarkannya meresap ke dalam rasa tersebut untuk membantu menghilangkan rasa amis," kata Routhenstein.

Routhenstein kemudian merekomendasikan untuk mengambil sepotong salmon dan memberinya cuka balsamic dan menyiramnya dengan bahan bahan - jeruk, grapefruit, lemon, bawang merah dan sedikit sirup maple - untuk meningkatkan rasa dan menghilangkan rasa amis.

2. Tambahkan crunch

"Salah satu cara favorit saya untuk meningkatkan rasa ikan, sambil meminimalkan rasa amis apa pun, adalah dengan mengolesinya dengan lapisan remah roti dan keju Parmesan yang beraroma atau kacang panggang dan bumbu," kata Beth Stark, pengembang resep berbasis di Pennsylvania.

"Ini berhasil dengan baik pada semua jenis ikan dari ikan putih dengan rasa ringan hingga tuna dan salmon dengan rasa yang lebih berani," tambah Stark.

Dia juga mengatakan bahwa tambahan kerenyahan juga membantu membuat ikan lebih menarik bagi mereka yang tidak menyukai teksturnya.

3. Rendam dalam susu

Meskipun menambahkan susu ke ikan tidak selalu terdengar menggugah selera, hal ini dinilai efektif untuk menghilangkan bau amis itu.

"Saat ikan direndam dalam susu, kasein, protein yang ditemukan dalam susu, mengikat TMA dan menariknya keluar dari ikan. Oleh karena itu, saat Anda menuangkan susu, Anda membuang TMA yang terikat kasein," papar ahli diet Anna Ipsen.

Bagian terbaik dari langkah ini adalah tidak butuh waktu lama. Ipsen merekomendasikan untuk merendam ikan dalam susu selama 20 menit, kemudian menepuknya hingga kering dan memasaknya.

4. Ubah Salmon Menjadi 'Bacon'

"Saya suka membuat salmon asap menjadi 'bacon' di dalam oven. Ini benar-benar mengubah rasa ikan dan membuatnya lebih terasa seperti makanan yang menenangkan daripada makanan kesehatan," ungkap Amy Gorin.

5. Bumbui

Ikan cenderung menyerap rempah-rempah dengan cukup baik, yang dapat membantu menutupi bau apa pun yang dikeluarkannya.

"Cara favorit saya untuk mengolah ikan adalah menggunakan cajun gosok, dipanggang dan kemudian menambahkan salsa nanas di atasnya sebelum disajikan," kata Ipsen.

Anda bisa mencampurkan garam, lada hitam, bawang putih dan bubuk bawang merah, oregano dan paprika.

Catatan: Jika Anda menggunakan bumbu kering, lebih baik dioleskan pada ikan atau ditambahkan selama proses memasak. Untuk herba segar seperti dill dan peterseli, Anda bisa menambahkannya saat siap disajikan.

6. Akhiri dengan perasan jeruk

Saat Anda menyajikan ikan, tak ada salahnya memberi perasan jeruk di menit-menit terakhir untuk menghilangkan rasa amis yang tersisa.

"Lemon, jeruk nipis, dan buah jeruk lainnya dapat digunakan sebagai bumbu, memberikan sedikit perasan pada saat disajikan," kata Emilie Williamson.

"Jika Anda memanggang ikan Anda, pertimbangkan juga untuk memanggang buah jeruk untuk memberikan aroma yang berbeda," tambahnya.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK