7 Kesalahan yang Bikin Oatmeal Jadi Tidak Menyehatkan

tim, CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 07:00 WIB
Saat oatmeal sendiri sudah menyehatkan, acap kali makanan ini jadi tidak sehat karena kesalahan-kesalahan yang dibuat. Berikut 7 kesalahan sering terjadi. Saat oatmeal sendiri sudah menyehatkan, acap kali makanan ini jadi tidak sehat karena kesalahan-kesalahan yang dibuat. (iStockphoto/ Brycia James)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apa sarapan yang baik dan menyehatkan? Sebagian bakal datang dengan jawaban oatmeal. Menu sarapan satu ini banyak direkomendasikan berkat kandungan seratnya.

Menurut ahli gizi sekaligus penulis The Flexitarian Diet, Dawn Jackson Blatner jumlahnya mungkin tidak fantastis tetapi tipe seratnya terbilang sangat baik yakni beta glucan yang membantu mengatur kadar kolesterol.

"Hal baik lain dari oatmeal adalah bahwa ini biji-bijian basah, artinya ia dimasak dengan air. Biji-bijian basah akan lebih mengenyangkan daripada biji-bijian kering pada sereal dingin," kata Blatner, dikutip dari Women's Health Magazine.


Saat oatmeal sendiri sudah menyehatkan, acap kali makanan ini jadi tidak sehat karena kesalahan-kesalahan yang Anda buat. Cek daftar berikut demi memastikan oatmeal Anda tetap sehat.

Berikut 7 kesalahan yang bikin oatmeal jadi tidak menyehatkan.

1. Porsi besar

Blatner menyebut saat mengetahui menu ini menyehatkan, sebagian orang mengonsumsinya terlalu banyak. Biasanya satu cangkir (128 gram) cukup, kemudian malah ditambah satu cangkir lagi.

Dia pun menyarankan untuk tetap pada porsi setengah cangkir (sekitar 70 gram). Anda bakal memperoleh asupan 150 kalori dan nantinya akan ditambah dengan topping atau bahan tambahan sebesar 150 kalori pula. Asupan 300 kalori di pagi hari akan pas dan tidak berlebihan.

2. Pemanis buatan

Ahli gizi  di Middleburg Nutrition, New York City, Eliza Savage mengatakan menghindari gula merupakan pilihan cerdas. Namun bukan berarti Anda kemudian menjatuhkan pilihan pada pemanis buatan.

"Pemanis buatan tidak hanya mengakibatkan lebih banyak karbohidrat dan gula, tetapi juga menguras bakteri usus yang sehat," katanya.

Savage merekomendasikan untuk mempermanis oatmeal dengan buah segar atau sedikit gula alami dari madu, sirup maple dan kurma. Mungkin Anda juga bisa mengolah oatmeal gurih dengan tambahan sayuran dan air kaldu.

3. Buah kering melimpah

Meski menyandang nama 'buah', buah kering berbeda dengan buah segar. Blatner menjelaskan, saat buah dihilangkan kadar airnya maka kandungan gula akan jauh lebih pekat. Bahkan ada buah kering di pasaran yang diberi gula tambahan.

Dilansir dari Eat This, Not That!, ada suatu label buah kering dengan kandungan 29 gram gula dan 33 gram karbohidrat dalam seperempat cangkirnya (32 gram). Bandingkan saja dengan cranberry segar yang hanya mengandung 4 gram gula dan 46 kalori dalam jumlah sama. Pilihan terbaik, jelas jatuh pada buah segar.

4. Oatmeal instan

Oatmeal instan sebenarnya bakal sangat menolong mengingat segala sesuatu seperti berjalan lebih cepat di pagi hari. Cukup menambahkan air panas, semangkuk oatmeal siap dinikmati bahkan tanpa harus menambahkan bahan lain.

Akan tetapi Anda musti hati-hati sebab produsen tak jarang menyelipkan bahan lain yang bisa menaikkan kalori dan rasa manis. Blatner menyarankan untuk mengecek bahan dan kandungan dalam sekotak oatmeal instan sebelum membeli.

5. Kurang protein

Pernah menyantap oatmeal lalu cepat merasa lapar? Kandungan serat pada oatmeal memang memberikan rasa kenyang lebih lama, tetapi ada baiknya mengombinasikan dengan protein. Keri Gans, ahli gizi, kerap menemui orang yang mengonsumsi protein minim lalu merasa lapar kurang dari satu jam kemudian.

Sebaiknya tambahkan protein pada oatmeal Anda lewat kacang-kacangan, susu, yogurt atau bubuk protein. Untuk olahan oatmeal gurih, Anda bisa menambahkan telur juga potongan daging ayam.

6. Menambahkan susu

Susu mampu menambah nikmat beragam olahan pangan termasuk oatmeal. Hanya saja untuk mereka yang intoleransi laktosa, tentu ini bisa menimbulkan persoalan. Ini bukan satu-satunya alasan, sebab secangkir (236 mililiter) susu utuh berlemak mengandung 150 kalori dan 16 gram gula.

Bayangkan berapa banyak kalori saat Anda menambahkan susu dan topping tambahan lain. Anda tidak harus mengeliminasi susu dari oatmeal tetapi pilih alternatif susu lain seperti susu almond yang hanya mengandung 35 kalori dan tanpa gula.

7. Menyantap oatmeal tawar

Mungkin ini cara 'ekstrem' dalam menyantap oatmeal. Anda membiarkannya tawar tanpa rasa dan tanpa tambahan topping. Padahal bahan tambahan ini juga berarti tambahan nutrisi. Blatner biasanya memiliki resep khusus di musim gugur.

"Saya suka memotong apel hijau dengan kenari dan pecan dalam semangkuk oatmeal. Lalu saya tambahkan kayu manis. Itu jadi sarapan besar dan mengenyangkan," ujarnya.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK