4 Penyebab Rambut Kusut dan Kering

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 09:00 WIB
Untuk mencegah terjadinya rambut kusut dan kering, terdapat beberapa penyebab yang bisa Anda hindari. Berikut 4 penyebab rambut kusut dan kering. Ilustrasi. Untuk mencegah terjadinya rambut kusut dan kering, terdapat beberapa penyebab yang bisa Anda hindari. (iStockphoto/puhhha)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memiliki rambut kusut dan kering dapat menurunkan mood Anda sehari-hari hingga menjadi penyebab berkurangnya kepercayaan diri 

Rambut kusut dan kaku atau juga dikenal dengan sebutan frizzy hair paling mungkin terjadi ketika rambut mengalami dehidrasi karena pemutihan kimiawi atau bleaching, paparan sinar matahari, penataan dengan alat bersuhu panas, diet, hingga terkadang terjadi secara alami.

Dehidrasi membuat lapisan kutikula luar yang kasar dari setiap helai menjadi mengembang. Ketika ini terjadi, uap air dari udara dapat menembus kutikula, menyebabkan untaian rambut mengembang.


Inilah yang kemudian menyebabkan rambut kusut tidak rata dan benar-benar dapat merusak tatanan rambut Anda.

Untuk mencegah terjadinya rambut kusut dan kering, terdapat beberapa penyebab yang bisa Anda hindari.

Berikut 4 penyebab rambut kusut dan kering, sebagaimana dilansir dari AsiaOne.

1. Tata rambut pakai alat bersuhu panas

Apakah Anda memegang pengering rambut terlalu dekat dengan rambut? Menggunakan pengaturan panas tertinggi? Atau menggunakan pelurus rambut ke bagian yang sama berulang kali?

Ini akan membuat rambut Anda lebih lemah dan lebih rentan patah.

2. Perawatan berlebihan

Perawatan kimiawi, seperti bleaching, pewarnaan, pengeritingan, dan pelurusan memiliki efek dramatis pada kualitas protein rambut, yang menyebabkan rambut patah dan kusut.

3. Kelembaban tinggi

Cuaca berperan besar dalam kondisi rambut Anda. Hujan dan kelembapan tinggi akan menyebabkan rambut kusut.

Namun, paparan angin dan sinar matahari bisa sama merusaknya.

4. Penanganan yang kasar

Menyisir rambut basah atau kering secara agresif, dan menarik rambut ke belakang terlalu kencang dapat menyebabkan helai rambut yang patah jadi kaku.

(agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK