Durasi Olahraga yang Ideal untuk Menurunkan Berat Badan

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 20/02/2021 07:21 WIB
Olahraga menjadi salah satu kunci dari penurunan berat badan. Namun, berapa durasi waktu olahraga yang ideal untuk menurunkan berat badan? Ilustrasi. Olahraga menjadi salah satu kunci dari penurunan berat badan. (Istockphoto/ Marija Jovovic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olahraga menjadi salah satu kunci dari penurunan berat badan. Namun, berapa durasi waktu olahraga yang ideal untuk menurunkan berat badan?

Dalam program penurunan berat badan, olahraga bekerja dengan mempercepat proses metabolisme tubuh. Dengan metabolisme tubuh yang cepat, jumlah kalori yang terbakar akan semakin banyak.

Olahraga memang menjadi jalan terbaik untuk mendapatkan berat badan ideal, apalagi jika diimbangi dengan pola makan yang tepat.


Berbagai jenis olahraga, dari intensitas sedang atau berat bisa Anda pilih. Namun, berapa sebenarnya durasi ideal olahraga untuk menurunkan berat badan?

Saat ini, olahraga dengan durasi yang pendek tengah menjadi tren tersendiri. Namun, cara ini mungkin tak akan berhasil menurunkan berat badan Anda.

Mengutip Very Well Fit, Anda perlu melakukan beberapa jenis latihan dengan durasi yang disarankan.

Secara garis besar, American College of Sport Medicine (ACSM) menyebut bahwa seseorang memerlukan olahraga durasi 150-250 menit per minggu dengan intensitas sedang hingga tinggi untuk mendapatkan berat badan ideal. Berolahraga lebih lama akan memberikan hasil yang lebih baik.

Untuk memenuhi pedoman tersebut, artinya Anda perlu berolahraga selama 40 menit setiap hari.

Namun, durasi yang terlalu lama kerap menimbulkan rasa bosan. Selain itu, untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan secara efektif, Anda perlu mengkombinasikan jenis olahraga dengan intensitas yang saling berbeda.

Dengan demikian, Anda perlu menyesuaikan durasi latihan dengan membaginya ke beberapa jenis olahraga dengan intensitas berbeda.

Olahraga intensitas tinggi (20-30 menit)

High intensity interval training (HITT) perlu dilakukan dalam waktu singkat. Pasalnya, tubuh tak bisa bekerja keras untuk jangka waktu yang lama.

HITT harus berlangsung selama 20-30 menit dengan intensitas berat. Jika Anda menyusun olahraga intensitas tinggi dengan benar, Anda bisa membakar lebih banyak kalori.

Ukur intensitas olahraga dengan memonitor detak jantung.

Olahraga intensitas ringan (30-45 menit)

Tujuan dari olahraga intensitas ringan adalah membuat tubuh dan pikiran beristirahat sejenak. Pemulihan dengan tetap menggerakkan tubuh ini memberi dua manfaat sekaligus, yakni mengistirahatkan tubuh namun dengan tetap membakar kalori.

Anda bisa melakukan beberapa gerakan intensitas ringan. Bagi banyak orang, jalan santai atau berenang kerap menjadi pilihan yang baik. Yoga juga bisa jadi pilihan Anda. Olahraga ini bisa dilakukan selama 30-45 menit.

Olahraga intensitas sedang (45-90 menit)

Olahraga ini membakar lebih banyak kalori daripada olahraga intensitas ringan. Meski membakar lebih banyak kalori, olahraga ini tetap memungkinkan tubuh untuk beristirahat dan bersikap kembali menyambut sesi olahraga intensitas tinggi setelahnya.

Namun, Anda perlu berolahraga dalam jangka waktu yang lebih lama untuk membakar kalori. Coba-lah membuat sesi ini berlangsung selama 45 menit atau lebih.

Solusi Kombinasi Durasi Olahraga

Jika menjadwalkan semua jenis olahraga ke dalam rutinitas mingguan dirasa begitu sulit, Anda tak perlu khawatir.

Anda bisa memulainya dengan memilih dua hari dalam setiap minggu untuk melakukan olahraga intensitas berat berdurasi 20-30 menit.

Untuk memulihkan tubuh, jadwalkan selalu olahraga intensitas ringan tepat satu hari setelah Anda melakukan olahraga intensitas berat. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan yoga selama 30-45 menit.

Sementara untuk sisa tiga hari lainnya, luangkan waktu Anda untuk melakukan olahraga intensitas sedang dengan durasi 45-90 menit.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK