Jokowi Ingin Kecantikan Danau Toba Mendunia

CNN Indonesia | Sabtu, 20/02/2021 23:37 WIB
Menurut Jokowi, pengembangan kawasan wisata Danau Toba akan membangkitkan ekonomi pascapandemi Covid-19. Presiden RI dalam suatu kesempatan di Danau Toba, Sumatera Utara didampingi para menterinya. (Dok. Biro Pers Sekretriat Presiden/Kris)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pariwisata di kawasan Danau Toba layak digaungkan secara nasional dan dunia. Menurut dia, kawasan itu memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai daerah wisata.

"Kawasan ini cantik dengan bentangan danau vulkanik dan perpaduan pariwisata, serta hasil ekonomi kreatif yang layak digaungkan nusantara dan dunia," ucap Jokowi dalam Peluncuran Beli Kreatif Danau Toba, Sabtu (20/2).

Menurut Jokowi, pengembangan kawasan Danau Toba akan membangkitkan ekonomi pascapandemi Covid-19. Selain itu, pemerintah juga mengajak UMKM di kawasan tersebut untuk memasarkan produknya secara daring.


"Pelaku ekonomi kreatif di Danau Toba sudah sangat dikenal seperti ulos, kopi Sidikalang, sudah sangat tersohor," jelasnya.

Diketahui, pemerintah memang sedang berupaya mengembangkan kawasan Danau Toba. Kawasan wisata favorit di provinsi Sumatera Utara itu masuk sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengaku telah menggandeng perusahaan asal Swiss, Mister Loo untuk menggarap proyek toilet dan air bersih berstandar internasional di area-area wisata Danau Toba.

Mister Loo merupakan perusahaan asal Swiss yang bergerak di bidang penyediaan toilet bersih yang diklaim memiliki teknologi dan fasilitas mutakhir dan inovatif.

Ia merinci sudah ada 25 toilet baru yang dibangun dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) berbagai perusahaan. Namun, ia mengatakan pengelolaan dan proyek toilet itu akan dilakukan oleh Mister Loo.

(aud/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK