5 Pilihan Obat Batuk Alami, Legakan Tenggorokan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 07:45 WIB
Beberapa obat herbal disebut bisa mengatasi batuk. Berikut beberapa pilihan obat batuk alami yang bisa Anda coba. Ilustrasi. Beberapa obat alami bisa membantu mengatasi batuk. (Istockphoto/Koldunov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Batuk yang terus menerus bisa sangat mengganggu. Atasi hal tersebut dengan beberapa pilihan obat batuk alami.

Batuk berperan dalam membersihkan iritan dan infeksi. Pengobatan terbaik untuk batuk akan tergantung pada penyebabnya, mulai dari alergi, infeksi, hingga refluks asam lambung.

Beberapa obat alami disebut bisa mengatasinya. Namun, penting untuk diingat agar menggunakannya dengan hati-hati. Tak menutup kemungkinan jika beberapa ramuan bisa mengakibatkan efek samping.


Berikut beberapa pilihan obat batuk alami, mengutip berbagai sumber.

1. Teh madu

Mengutip Medical News Today, sejumlah penelitian menemukan bahwa madu dapat meredakan batuk.

Sebuah studi mencoba membandingkan efektivitas madu dengan obat pereda batuk dan tanpa pengobatan. Hasilnya memperlihatkan bahwa madu memberikan kelegaan paling sifnifikan pada anak, diikuti oleh obat farmasi.

Untuk menggunakannya, campurkan 2 sdt madu dengan air hangat atau teh. Minum ramuan ini 1-2 kali dalam sehari. Jangan berikan madu pada anak usia di bawah 1 tahun.

2. Jahe

Karena sifat anti-inflamasi yang dimiliki, jahe punya kemampuan meredakan batuk kering. Jahe juga mampu meredakan rasa mual dan nyeri.

Sebuah penelitian menunjukkan, beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan membran di saluran udara yang dapat mengurangi batuk.

Campurkan irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas atau teh. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu dan perasan lemon untuk memberikan sentuhan rasa rasa.

3. Kumur air garam

Obat sederhana satu ini disebut paling efektif mengobati sakit tenggorokan dan batuk basah. Air garam mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan yang dapat mengurangi intensitas batuk.

Aduk 1/2 sdt garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Biarkan larutan mendingin, lalu gunakan untuk berkumur.

Hindari pemberian air garam kepada anak kecil karena kemungkinan mereka belum bisa berkumur dengan baik. Menelan air garam justru bisa berbahaya.

4. Bromelin

Bromelin merupakan enzim proteolitik yang ditemukan pada bagian batang dan buah nanas. Beberapa bukti menunjukkan bahwa bromelin dapat menekan batuk serta melonggarkan lendir di tenggorokan.

Mengutip Healthline, untuk menikmati manfaat bromelin, makan-lah sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali dalam sehari.

Namun, bromelin tidak bisa dikonsumsi oleh anak anak atau kelompok orang dewasa yang mengonsumsi obat pengencer darah.

5. Peppermint

Daun peppermint terkenal akan khasiat penyembuhannya. Mentol dalam peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan yang membantu memecah lendir.

Untuk menggunakannya, Anda bisa membuat teh peppermint dan minum di saat batuk. Atau, Anda juga bisa menambahkan 3-4 tetes minyak peppermint saat mandi dengan air panas. Hirup uap peppermint yang dihasilkan.

Jika batuk tak kunjung reda setelah meminum obat batuk alami, kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK