5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 08:30 WIB
Orang dengan kolesterol yang tinggi harus menjaga asupan makan agar tetap sehat. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Ilustrasi. Beberapa makanan perlu dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. (achmadbiz/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Orang dengan kadar kolesterol yang tinggi harus menjaga asupan makan agar tetap sehat. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol tinggi memberikan dampak buruk bagi tubuh. Kadar kolesterol tinggi dalam darah hanya akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

Kolesterol sendiri merupakan jenis lemak yang dibutuhkan tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.


Kadar kolesterol kurang dari 200 mg/dL masih bisa ditoleransi. Jumlah kadar kolesterol 200-239 mg/dL sudah masuk pada ambang batas tinggi. Jika jumlahnya mencapai 240 mg/dL atau lebih, maka dikategorikan ke dalam kolesterol tinggi.

Beberapa makanan diketahui mengandung kadar kolesterol yang tinggi dan berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Untuk mengontrol kadar kolesterol, hindari beberapa jenis makanan tertentu.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi, mengutip berbagai sumber.

1. Makanan tinggi lemak trans

Sejak lama diketahui bahwa kandungan lemak trans yang tinggi pada makanan dapat memicu peningkatan kadar kolesterol. Hindari beberapa makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi.

Mengutip WebMD, lemak trans umumnya ditemukan dalam makanan ringan kemasan seperti kue kering, biskuit, keripik, dan beberapa jenis margarin. Baca label nutrisi untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam crispy, dan burger juga mengandung lemak trans yang tinggi.

2. Makanan tinggi garam

Terlalu banyak natrium dapat meningkatkan tekanan darah, apalagi bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi. Hindari beberapa makanan tinggi garam seperti sup kalengan, makanan cepat saji, dan lain-lain.

3. Makanan tinggi gula

Gula diketahui menyebabkan sejumlah masalah kesehatan mulai dari diabetes, kolesterol, hingga penyakit jantung. Batasi asupan gula Anda.

Hindari makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi seperti minuman kemasan, permen, es krim, biskuit, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi biskuitIlustrasi. Biskuit menjadi salah satu makanan yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi karena mengandung gula yang tinggi. (Padurariu Alexandru)

4. Makanan tinggi lemak jenuh

Penelitian mencatat, makanan tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol LDL. Mengutip Very Well Health, makanan jenis ini juga tinggi kalori yang bisa menyebabkan penambahan berat badan dan memicu risiko penyakit lainnya.

Beberapa makanan tinggi lemak jenuh di antaranya daging olahan, produk susu, minyak goreng tertentu, dan beberapa jenis daging. Sejumlah makanan ringan kemasan juga mengandung lemak jenuh yang tinggi.

5. Jeroan

Jeroan merupakan bagian atau organ yang berada di dalam tubuh hewan. Mengutip Healthline, meski sangat bergizi, namun daging jeroan mengandung kadar kolesterol yang tinggi.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK