Cara Membersihkan Rumah yang Terendam Banjir

tim | CNN Indonesia
Senin, 22 Feb 2021 18:24 WIB
Banjir yang sudah surut membuat rumah berantakan. Terdapat sejumlah cara membersihkan rumah yang terendam banjir. Sebuah rumah terendam banjir di wilayah RT 7, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 20 Februari 2021. (CNN Indonesia/ Syakirun Niam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak rumah terendam saat banjir melanda Jakarta dan sekitarnya akhir pekan lalu. Banjir yang sudah surut membuat rumah berantakan. Terdapat sejumlah cara membersihkan rumah yang terendam banjir.

Banjir yang telah surut dapat membuat lantai dan dinding rumah berlumpur. Barang-barang yang terendam juga basah dan lembap. Barang-barang ini mesti dibersihkan dengan baik agar tidak rusak dan bisa digunakan seperti sebelumnya,

Berikut cara membersihkan rumah yang terendam banjir.

1. Gunakan alat pelindung diri

Gunakan alat pelindung diri saat membersihkan rumah setelah banjir. Bekali diri dengan sepatu bot, sarung tangan, dan masker.

2. Matikan gas dan listrik

Sebelum mulai membersihkan rumah, matikan gas dan listrik. Hal ini berguna untuk mencegah kebakaran atau korsleting saat membersihkan rumah.

Hati-hati juga saat membersihkan barang elektronik yang memiliki aliran listrik dan juga stop kontak.

3. Angkat barang-barang yang basah

Angkat barang-barang yang basah dan keluarkan dari ruangan. Pisahkan pula barang-barang yang harus dijemur dan dikeringkan. Seperti pakaian, tempat duduk, lemari, dan barang elektronik.

4. Bersihkan lantai dan dinding

Setelah mengangkat barang-barang, mulailah membersihkan lantai dan dinding rumah dari sisa genangan dan juga lumpur. Gunakan pembersih yang dapat membunuh kuman dan jamur.

Pastikan Anda membersihkan rumah hingga ke setiap sudut.

5. Membersihkan barang-barang

Barang-barang yang terendam juga harus dibersihkan dengan baik. Pakaian sebaiknya dicuci bersih hingga kotoran hilang. Beberapa barang harus juga harus disikat dan dikeringkan agar tidak berjamur.

6. Tata kembali rumah

Setelah barang-barang bersih dan kering. Tata kembali di dalam rumah. Jangan letakkan barang-barang penting di tempat yang mudah terendam banjir untuk mengantisipasi jika banjir datang lagi.

(ptj/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER