6 Jurusan Kuliah Unik yang Mungkin Kamu Belum Tahu

tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 15:21 WIB
Tak cuma jurusan kuliah populer yang ada universitas di Indonesia, tapi beberapa jurusan unik yang mungkin tak terduga nyatanya juga bisa jadi pilihan. Tak cuma jurusan kuliah populer yang ada universitas di Indonesia, tapi beberapa jurusan unik yang mungkin tak terduga nyatanya juga bisa jadi pilihan. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari ini jadi hari terakhir tenggat waktu pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Kesempatan 'berburu' perguruan tinggi negeri pun terbuka kembali dalam kesempatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 pada 15 Maret - 1 April 2021. Apa Anda sudah menentukan jurusan kuliah? Jurusan populer atau justru jurusan unik yang sebelumnya tak diduga ternyata ada kampusnya. 

Tiap kampus memiliki jurusan-jurusan populer dengan peminat membludak. Universitas Gadjah Mada, misalnya, memiliki jurusan dengan peminat terbanyak yakni jurusan Psikologi (3.655 peminat).

Di Universitas Indonesia, jurusan Hukum jadi primadona (3.370 peminat). Beda lagi dengan Universitas Padjajaran yang konsentrasi peminat berpusar pada jurusan Pendidikan Dokter (3.173 peminat).


Jurusan ekonomi, kedokteran, akuntansi dan lainnya mungkin biasa, namun nyatanya ada beberapa jurusan yang jarang terdengar dan tak pernah disangka-sangka menjadi satu jurusan khusus di universitas.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut beberapa jurusan unik yang ada di Indonesia.

1. Angklung dan Musik Bambu

Tak banyak orang yang tahu kalau alat musik ini ternyata punya jurusan khusus di kampus Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), Bandung. Selama ini, mungkin saja banyak orang yang berpikir bahwa untuk bisa menguasai alat musik ini hanya butuh beberapa kali latihan, bukan pendidikan khusus.

Tapi, sebagai salah satu kesenian asli Indonesia, musik dan alat musik bambu ini memang butuh pengetahuan lebih mendalam untuk mendukung kelestarian angklung.

Di jurusan Angklung dan Musik Bambu, tak hanya angklung yang bakal dipelajari tetapi juga alat musik bambu Nusantara. Mengutip dari laman resmi ISBI Bandung, mahasiswa akan menjalani masa studi 4 tahun dengan menguasai empat kompetensi yakni, pembawaan (karya aransemen), penciptaan (karya baru) dan organologi.

2. Seni Pedalangan

Pertunjukan wayang tidak akan lepas dari sosok dalang. Ia jadi kendali sebuah pertunjukan sekaligus sosok di balik tokoh-tokoh wayang yang bergerak dan berkata-kata. Rupanya menjadi dalang ada jurusan kuliahnya.

Di Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta dan ISI Denpasar, tersedia jurusan Seni Pedalangan. Mengutip laman resmi ISI Yogyakarta, jurusan ini akan membekali mahasiswanya sehingga mampu menjadi seniman intelektual. Seorang sarjana Seni Pedalangan tidak terbatas menjadi dalang saja. Lulusannya bisa menjadi peneliti, kritikus juga penulis naskah pertunjukan wayang kulit.

Karawitan sampai Penilaian Properti

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK