Dua Desa di Pesisir Selatan yang Disambung Jembatan Akar

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 17:30 WIB
Tak perlu jauh-jauh ke India untuk melihat jembatan akar, karena di Indonesia juga ada jembatan serupa. Ilustrasi, Akar Pohon Beringin memperkuat struktur Jembatan Akar Bayang di Pesisir Selatan, Sumatra Barat. (iStockphoto/MNStudio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak perlu jauh-jauh ke India untuk melihat jembatan akar, karena di Indonesia juga ada jembatan serupa.

Jembatan Akar Bayang sudah lama menjadi salah satu tempat viral di Indonesia. Berlokasi di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, jembatan ini berupa jembatan akar yang berada di atas aliran Sungai Bayang.

Jembatan Akar Bayang tepatnya terletak di Kecamatan Bayang Utara. Usia jembatan ini tercatat sudah lebih dari 100 tahun.


Walau sudah berusia lebih dari satu abad, jembatan ini tetap terlihat kokoh.

Dikutip dari buku panduan wisata Pesisir Selatan, jembatan tersebut awalnya dibangun pada tahun 1916 atau tepat 100 tahun lalu.

Ide pembuatan Jembatan Akar Bayang merupakan berasal dari seorang ulama bernama Pakiah Sokan.

Derasnya aliran Sungai Bayang membuat beliau berinisiatif untuk membuat jembatan sederhana dari bambu untuk menghubungkan Desa Pulut-pulut dan Desa Lubuk Silau yang terpisah oleh arus sungai.

Seiring berjalannya waktu, akar dari Pohon Beringin yang ada di tepi sungai mulai menjalar dan melilit jembatan bambu tersebut.

Jembatan Akar Bayang memiliki panjang 25 meter dengan lebar 1,5 meter dan tinggi 10 meter dari bibir sungai.

Saat ini jembatan akar sudah dilengkapi dengan tali besi, untuk memperkuat strukturnya.

Pasalnya, setiap musim hujan debit Sungai Bayang akan naik dan merendam jembatan. Tali besi digunakan untuk mengangkat jembatan sehingga tak terlalu lama terendam.

Pijakan kayu juga ditempatkan guna kenyamanan melintas jembatan akar, meski warga dan pengunjung tetap harus ekstra hati-hati saat memijaknya.

Bagi turis, Jembatan Akar Bayang menjadi salah satu objek wisata Instagramable. Namun bagi warga sekitar, jembatan dan sungai menjadi kolam renang alami yang mengasyikkan.

Berenang di bawah jembatan akar ini juga dipercaya dapat mengentengkan jodoh.

Saat wisata ke Jembatan Akar Bayangi, jangan sampai meninggalkan sampah di sekitar desa atau di sungai. Waspada juga saat ingin berenang di musim hujan, karena aliran airnya bakal meninggi dan deras. 

[Gambas:Instagram]



(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK