5 Manfaat Teh Sereh dan Resepnya

tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 08:16 WIB
Teh bukan cuma enak dicampur susu, tapi teh juga enak dan menghangatkan ketika dicampur dengan sereh. Ada banyak manfaat teh sereh yang bisa didapatkan. Teh bukan cuma enak dicampur susu, tapi teh juga enak dan menghangatkan ketika dicampur dengan sereh. Ada banyak manfaat teh sereh yang bisa didapatkan. (Istockphoto/Toa55)
Jakarta, CNN Indonesia --

Teh bukan cuma enak dicampur susu, tapi teh juga enak dan menghangatkan ketika dicampur dengan sereh. Tak cuma hangat, manfaat teh sereh juga terbilang banyak.

Bagi orang Indonesia, khususnya Jawa, sereh tentu bukan rempah yang asing. Sereh sudah banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak sampai untuk minuman.

"Sereh selain untuk minuman, banyak digunakan untuk wedang, biasa diminum sore. Sereh juga bisa dipakai untuk menghangatkan tubuh," ungkap Sumartoyo pegiat kuliner Jawa, kepada CNNIndonesia TV.


Sereh sendiri juga diketahui punya manfaat baik untuk tubuh karena memiliki senyawa kimia baik yang tinggi. Selain itu, sereh juga bisa menjadi pereda kecemasan, penangkal nyamuk, sampai aromaterapi.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat teh sereh untuk kesehatan.

1. Mengatasi kecemasan

Secangkir teh hangat diketahui memiliki efek menenangkan. Namun menambahkan sereh ke dalam teh bermanfaat untuk mengurangi kecemasan berlebih. Wangi teh sereh yang aromatik juga bakal menenangkan otak yang cemas dan stres. 

Berdasarkan penelitian dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center, mencium aroma sereh akan membantu orang yang punya masalah dengan kecemasan.

2. Menurunkan kolesterol

Berdasarkan penelitian yang dimuat dari Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, sereh bisa membantu menurunkan kolesterol pada hewan.

Dalam penelitian lanjutan pada 2011 pada tikus, sekitar 100 mg esensial oil sereh setiap hari memiliki efek aman jangka panjang.

3. Membantu menurunkan berat badan.

Teh sereh juga digunakan sebagai teh detox untuk memacu metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Hanya saja ini belum terbukti secara ilmiah.

Namun rempah yang satu ini memang memiliki zat diuretik alami sehingga bisa menurunkan berat cairan dalam tubuh.

4. Mengurangi sakit PMS

Teh sereh juga biasa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kram karena menstruasi (PMS), kembung, dan lainnya.

5. Mencegah infeksi

Sereh juga disebut memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi, baik jamur maupun bakteri. Teh sendiri juga memiliki banyak kandungan antioksidan di dalamnya. Manfaat teh sereh sebagai antioksidan juga cukup tinggi.

Resep Teh sereh

Untuk mendapat manfaat teh sereh, berikut resep mudah untuk Anda.

Bahan teh sereh:

1 kantong teh celup
1-2 batang sereh, memarkan (sesuaikan dengan tingkat kepekatan rasa sereh yang diinginkan)
Air secukupnya.

Cara membuat:

1. Siapkan air dalam panci, kemudian masukkan sereh yang sudah dimemarkan. Rebus sampai mendidih dan aroma sereh keluar.
2. Siapkan teh celup dalam cangkir kemudian tuangkan air sereh ke dalam gelas.
3. Sajikan teh sereh selagi hangat. Untuk mendapat manfaat teh sereh dengan maksimal tak perlu tambahkan gula ke dalamnya.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK