9 Tanaman Hias yang Cepat Tumbuh

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 09:01 WIB
Intip 9 tanaman hias yang cepat tumbuh dan tergolong cukup mudah dirawat, sehingga cocok bagi Anda yang punya aktivitas sibuk. Intip 9 tanaman hias yang cepat tumbuh dan tergolong cukup mudah dirawat, sehingga cocok bagi Anda yang punya aktivitas sibuk. (Foto: iStockphoto/defun)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman layaknya makhluk hidup lainnya membutuhkan perawatan. Setidaknya perawatan dasar seperti menyiram, pupuk, dan sinar matahari harus rutin dilakukan sehingga diperlukan supaya tanaman tumbuh subur.

Namun, jika Anda punya aktivitas yang cukup sibuk tapi tetap ingin memiliki tanaman hias di rumah, ada jenis tanaman hias yang tepat untuk Anda.

Tanaman hias berikut ini cukup mudah dirawat dan tergolong cepat tumbuhnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis tanaman hias yang mudah dirawat sekaligus bisa tumbuh dengan cukup cepat.


1. Bunga Tahi Ayam

Orange Tagetes flowers close up in organic garden, many-petalled flowers with various shades of yellow, orange, bronze and red appear in every imaginable combination. Blurred background.Foto: iStockphoto/Hana Richterova
Marigold atau bunga tahi ayam adalah tanaman hias yang cepat tumbuh dan cukup mudah dirawat.

Marigold yang dalam bahasa Indonesia sering disebut bunga tahi ayam termasuk tanaman hias yang mudah dirawat dan cepat tumbuh. Bunga berwarna oranye ini bisa mempercantik halaman rumah Anda.

Anda tidak perlu memikirkan media khusus apa yang harus digunakan untuk menanam bunga ini karena bisa tumbuh di berbagai jenis tanah. Bunga tahi ayam hanya butuh penyiraman yang teratur.


2. Sansevieria

Sansevieria trifasciata in pots over white brick wall, free spaceFoto: iStockphoto/Prostock-Studio
Sansevieria atau lidah mertua adalah tanaman hias yang cepat tumbuh dan cukup mudah dirawat.

Sansevieria atau lidah mertua termasuk tanaman hias yang cepat tumbuh juga.

Sansevieria memiliki daun panjang yang dapat berkembang dengan baik jika ada di bawah sinar matahari atau tanpa sinar sekalipun. Sansevieria juga tidak perlu disiram setiap hari.

Selain mudah dirawat, tanaman hias sansevieria bisa menyerap polutan dan racun lainnya yang ada di dalam ruangan, sehingga udara rumah pun menjadi lebih segar.

3. Calendula

Marigold (calendula)  in Eynsford, EnglandFoto: iStockphoto/Moonstone Images
Calendula adalah tanaman hias yang cepat tumbuh dan cukup mudah dirawat.

Sering ditemukan sebagai bahan kosmetik, ternyata calendula bisa ditanam di halaman rumah. Tanaman hias dengan bunga berwarna kuning terang ini dipercaya bisa mencerahkan kulit.

Siapa sangka kalau calendula bisa tumbuh dengan cepat dan mudah dirawat. Bikin halaman rumah Bunda jadi lebih cantik.


4. Tanaman Hias Bambu Hoki

Chinese Lucky bamboo, Dracaena sanderiana, isolatedFoto: iStockphoto/defun
Bambu hoki atau bambu keberuntungan adalah tanaman hias yang cepat tumbuh dan cukup mudah dirawat.

Bambu hoki atau lucky bamboo bisa ditanam di luar maupun dalam ruangan. Beberapa orang percaya kalau tanaman hias bambu bisa membawa keberuntungan bagi si pemilik rumah.

Bambu ternyata termasuk salah satu tanaman hias yang cepat tumbuh nih. Perawatannya juga terbilang mudah dan tidak ribet.



Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

5. Bunga Tasbih

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias lainnya yang mudah dirawat adalah bunga tasbih atau canna. Tanaman hias ini memiliki daun yang menyerupai daun pisang bertekstur halus.

Tanaman hias canna memiliki warna bunga bervariasi seperti merah, kuning, maupun oranye yang terang. Tanaman hias ini hanya perlu disiram sehari sekali dan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari.


6. Pincushion Cactus

Beautiful Mammillaria spinosissima cactus in the pot on black backgroundFoto: iStockphoto/undefined undefined
Kaktus bantalan adalah tanaman hias yang cepat tumbuh dan cukup mudah dirawat.

Pincushion cactus atau kaktus bantalan merupakan salah satu yang minim perawatan. Biasanya mereka tumbuh dengan cara berkelompok.

Pincushion cactus bisa Anda tanam di dalam pot berukuran kecil. Penyiramannya pun tidak perlu sering. Cukup lakukan ketika akarnya benar-benar dalam keadaan kering.

Bila terlalu sering disiram maka akan merusak pertumbuhan kaktus itu sendiri dan lama-lama membusuk.

7. Paku Tanduk Rusa

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias yang satu ini terbilang sangat unik. Sebab, karakteristik tanaman ini mirip dengan tanduk rusa, dengan daun bercabang dan menjuntai.

Tak perlu bingung saat merawat tanaman hias ini. Menyiramnya sehari sekali sudah sangat cukup.


8. Lidah Buaya

aloe vera in pot isolated on white backgroundFoto: iStockphoto/fotyma
Lidah buaya adalah tanaman hias yang cepat tumbuh dan cukup mudah dirawat.

Tanaman hias yang memiliki nama ilmiah Aloe vera ini mudah dirawat dan kaya manfaat. Selain itu, tanaman hias lidah buaya biasa digunakan untuk pengobatan.

Lidah buaya sangat baik untuk kulit dan rambut. Karena itu, lidah buaya sering dijadikan bahan dasar pembuatan kosmetik.


9. Bunga Tabebuya

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias dengan bunga cantik yang satu ini bisa jadi pilihan ideal untuk ditanam di pekarangan. Tanaman hias yang berasal dari Brasil ini jika tumbuh besar mirip dengan tanaman sakura yang ada di Jepang.

Dengan menyiramnya secara rutin setiap hari, tanaman hias bunga tabebuya akan tumbuh dengan subur.

Itulah 9 tanaman hias yang cepat tumbuh yang bisa dijadikan hiasan indoor maupun ditanam di pekarangan. Adakah yang tanaman hias yang menarik perhatian Anda?

(din/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK