10 Hal yang Membuat Gagal Turun Berat Badan Saat Diet

din | CNN Indonesia
Selasa, 09 Mar 2021 09:25 WIB
Meski sudah menjalankan diet, terkadang ada ada hal-hal yang membuat diet tapi berat badan tidak turun. Meski sudah menjalankan diet, terkadang ada ada hal-hal yang membuat diet tapi berat badan tidak turun. (Foto: Istockphoto/SolStock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memiliki tubuh ideal menjadi dambaan banyak orang, namun beberapa kebiasaan yang dijalani setiap hari, justru membuat kita sulit menurunkan berat badan meskipun sudah diet.

Sejumlah kebiasaan membuat upaya seseorang menurunkan berat badan jadi sia-sia. Melansir WebMD, ada penyebab mengapa Anda sulit menurunkan berat badan meskipun sudah berusaha untuk diet. Berikut penjelasannya:

1. Kurang tidur

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 6-8 jam setiap malam, kebiasaan tidur yang kurang dari lima jam setiap malam, berkaitan dengan penambahan berat badan.

Kurang tidur bisa mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan rasa lapar, sehingga Anda menjadi lebih sering lapar dan makan. Kurang tidur juga membuat badan terasa lesu sepanjang hari, sehingga membuat Anda malas berolahraga.

Woman tired of working ,Kurang tidur adalah satu hal yang membuat diet tapi berat badan tidak turun (Foto: Istockphoto/South_agency)

2. Kurang minum air putih

Meminum dua sampai enam gelas air putih setiap hari bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Sebab, air putih tidak memiliki kalori, sehingga bisa mengobati rasa haus dan lapar tanpa menambah berat badan.

Cukup minum air putih juga bisa menghindari konsumsi soda, jus atau kopi instan yang memiliki kalor dan gula tinggi yang sering menjadi penyebab naiknya berat badan.

3. Menunggu terlalu lama untuk makan

Mungkin Anda berpikir bahwa dengan mengulur waktu makan, maka akan bisa menurunkan berat badan karena tubuh membakar cadangan lemak di tubuh menjadi energi saat kita menahan lapar.

Akan tetapi, kenyataannya bila kita memberi jeda waktu yang terlalu pajang di antara waktu makan, maka metabolisme tubuh akan melambat. Hal ini mengakibatkan sistem tubuh tidak bisa membakar semua kalori yang masuk saat Anda makan.

4. Terlalu sering makan di luar

Bila Anda sedang dalam program diet, sebaiknya hindari terlalu sering makan di luar, karena saat makan di luar kita seringkali sulit menghitung dan mengatur kalori yang masuk.

Mereka yang makan di luar pada jam makan siang setiap hari, umumnya berat badannya akan bertambah lebih banyak dibandingkan mereka yang membawa bekal dari rumah.

Suasana di Rumah Makan Bumi Aki, Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 2 Juni 2020. Sejumlah restoran dan rumah makan di Kota Bogor mulai membuka layanan makan di tempat dengan protokol kesehatan ketat setelah penerapan PSBB Kota Bogor memasuki masa transisi hingga 4 Juni 2020 guna mencegah penyebaran Covid-19. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaTerlalu sering makan di luar membuat diet tapi berat badan tidak turun (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)

5. Duduk sepanjang hari

Anda yang bekerja di depan komputer dan duduk sepanjang hari bisa jadi sangat sulit menurunkan berat badan.

Saat Anda duduk dalam waktu lama, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mendeteksi kapan Anda makan terlalu banyak. Hal ini bisa menyebabkan berat badan naik dan pola makan berlebihan.

6. Makan banyak setelah olahraga

Olahraga adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan karena bisa membakar kalori lebih banyak dan juga membangun massa otot. Namun, jika Anda makan banyak setelah berolahraga maka olahraga yang Anda lakukan sia-sia.

7. Konsumsi makanan ringan berlebih saat stres

Saat seseorang merasa stres, ada kecenderungan untuk makan makanan tidak sehat, seperti makanan manis yang tinggi kalori karena ingin mendapatkan ketenangan dengan cepat dari konsumsi makanan lezat tersebut.

Hal ini berbahaya bagi program diet Anda karena ada makanan yang masuk ke dalam tubuh saat tubuh tidak memerlukannya. Kendalikan stres dengan pola makan dan teratur.

Victoria sponge cake with cream and jam filling, served with raspberriesMakan manis saat sedang stres membuat diet tapi berat badan tidak turun (Foto: iStockphoto/cheche22)

8. Keputusan makan dengan cepat

Saat kita dalam keadaan lapar, kita cenderung makan apa saja untuk meringankannya. Hal ini tidak baik dalam program diet Anda karena bisa menambah berat badan beberapa kilo.

Makanan ringan atau makanan cepat saji yang sering dipilih untuk mengatasi lapar dengan cepat tidak bisa diserap tubuh dengan baik dan juga tidak bisa menggunakannya sebagai energi, seperti kalori dari makanan sehat.

9. Menopouse

Saat menopouse, tubuh perempuan akan mengalami perubahan hormon sehingga massa oto berkurang dan kurang tidur yang bisa menyebabkan berat badan bertambah.

Elder holds hands on walking stick while sitting on white sofa in nursing homeFase menopouse kerap membuat diet tapi berat badan tidak turun (Foto: Istockphoto/KatarzynaBialasiewicz)

10. Genetik

Alasan terakhir mengapa Anda sudah diet tapi berat badan tidak turun adalah faktor genetik. Genetik juga menjadi faktor yang mempengaruhi sebanyak apa berat badan Anda dan di mana cadangan lemak tubuh disimpan.

(din/fjr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER