7 Manfaat Mengejutkan Bermain Catur Bagi Kesehatan

tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/03/2021 17:58 WIB
Bermain catur memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh terutama kesehatan otak dan mental. Berikut 7 manfaat bermain catur bagi kesehatan. Bermain catur memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh terutama kesehatan otak dan mental. (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah drama series Netflix, The Queen's Gambit dan pertandingan antara Dewa Kipas alias Dadang Subur dengan Women Grandmaster Irene Sukandar, permainan catur menjadi semakin populer.

Catur merupakan salah satu permainan strategi di sebuah papan bidang yang dimainkan oleh dua orang. Di samping itu, permainan catur juga memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh terutama kesehatan otak dan mental.

Jika rutin bermain catur, Anda sebagai pemain bisa mendapatkan banyak manfaatnya. Berikut sejumlah manfaat catur untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.


1. Melatih otak

Untuk mendapatkan keseimbangan tubuh, Anda perlu melatih sisi kiri dan kanan tubuh. Dalam studi disebutkan bahwa untuk bermain catur dengan baik, pemain harus bisa menyeimbangkan sisi otak kiri dan kanan.

Sisi otak kiri berhubungan dengan pengenalan objek sedangkan sisi otak kanan berhubungan dengan pengenalan pola.

Dikutip dari The Chess World, berkat aturan dan teknik permainan, seiring berjalannya waktu bermain catur akan secara efektif melatih dan mengembangkan dua sisi otak.

2. Meningkatkan daya ingat

Tidak heran bahwa pemain ahli catur memiliki keterampilan memori yang kuat. Permainan catur melibatkan seseorang untuk menghafal berbagi kombinasi gerakan.

Pemain catur berpengalaman memiliki keterampilan untuk mengingat yang disebut memori auditori. Sebagaimana dilansir Healthline, bahwa memori auditori merupakan kemampuan untuk mengingat apa yang telah dipelajari melalui pendengaran.

Pecatur juga memiliki keterampilan mengingat di atas rata-rata, karena mampu mengingat dan mengenali pola dengan cepat.

3. Meningkatkan kreativitas

Para peneliti melakukan penelitian di sebuah sekolah di India untuk menguji tingkat kreativitas terhadap dua kelompok siswa. Satu kelompok dilatih untuk bermain catur dan satu kelompok lainnya tidak.

Tes tersebut meminta siswa untuk menemukan penggunaan alternatif untuk item umum dan menafsirkan pola dan makna dari bentuk abstrak. Peneliti menyimpulkan bahwa catur dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk melatih pemikiran yang berbeda dan kreatif.

4. Mencegah alzheimer

Sebuah studi medis yang melibatkan 448 manula oleh Albert Einstein College of Medicine menunjukkan bahwa bermain catur dapat merangsang fungsi otak dan menurunkan resiko demensia.

Manfaat bermain catur bagi kesehatan lainnya adalah menjaga fungsi otak pada kecepatan normal dan akan mengurangi resik penyakit alzhaimer serta depresi dan kecemasan.

5. Mengatasi skizofrenia

Para dokter dari Center of Cognitive Neuroscience di Prancis menemukan bahwa pasien skizofrenia yang diarahkan untuk bermain catur setiap hari menunjukkan peningkatan kondisi dibandingkan dengan pasien yang tidak bermain.

Pasien yang bermain catur menunjukkan peningkatan perhatian, perencanaan dan kemampuan penalaran. Dilansir dari the chess world, bahwa pasien memilih bermain catur sebagai rutinitas harian mereka.

6. Mencegah serangan panik

Dalam sebuah studi kasus pada 2017, seseorang yang memiliki serangan panik dapat menggunakan aplikasi catur pada telepon genggamnya untuk meningkatkan rasa tenang dan mencegah serangan panik.

Dengan bermain catur dapat menemukan tingkat tantangan yang tepat dan dapat menyibukkan diri dari perhatian dan rasa tidak menyenangkan.

7. Membangun rasa percaya diri

Saat bermain catur, sendirian dan jika kalah, Anda harus mencatat dan menganalisis kesalahan yang dilakukan. Bermain dan menganalisis alasan kalah atau menang dalam bermain catur dapat meningkatkan kekuatan mental dan kepercayaan diri.

Demikian manfaat bermain catur bagi kesehatan yang bisa Anda terima. Selain bermain catur, Anda harus memiliki gaya hidup yang sehat untuk menjaga kesehatan Anda.

(auz/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK