5 Olahan Kreatif Memasak Bayam Selain Sayur Bening

tim, CNN Indonesia | Kamis, 25/03/2021 07:50 WIB
Agar konsumsi bayam makin menyenangkan, ada beberapa ide memasak bayam yang patut dicoba selain bening bayam. Agar konsumsi bayam makin menyenangkan, ada beberapa ide memasak bayam yang patut dicoba selain bening bayam. (kkolosov/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bayam jadi salah satu jenis sayuran hijau yang kaya vitamin dan mineral. Melansir dari Health, sekitar 300 gram bayam mengandung 20 kalori, 2 gram protein, 3 gram karbohidrat, dan 2 gram serat. Selain itu, bayam menyediakan 160 persen kebutuhan vitamin A harian, sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C, 45 persen folat, 15 persen zat besi dan magnesium, 10 persen potasium dan 6 persen kalsium.

Kandungan nutrisinya akan memberikan aneka manfaat kesehatan. Namun, bayam yang diolah menjadi sayur bening terus-menerus mungkin bakal membosankan. Agar konsumsi bayam makin menyenangkan, ada beberapa ide memasak bayam yang patut dicoba.

1. Saute bayam

Teknik memasak saute akan menghasilkan masakan yang ringkas dalam waktu cepat. Metode ini mirip dengan tumis tetapi lebih kering, menggunakan sedikit minyak dan panas tinggi.


Melansir dari One Green Planet, Anda bisa mengolah saute bayam dengan bawang putih, minyak zaitun dan sedikit perasan lemon. Anda pun bisa menambahkan bahan lain semisal daun bawang atau seledri untuk menambah aroma. Saat penyajian, bisa ditambahkan protein semisal dengan bacon atau potongan dada ayam yang sudah dipanggang dengan butter.

2. Bayam rebus atau kukus

Kedua metode ini membuat Anda tidak perlu melibatkan minyak dan olahan terbilang lebih sehat. Melansir dari Better Homes and Garden, merebus atau mengukus bayam hanya memakan waktu singkat yakni sekitar 3-5 menit.

Biasanya bayam yang sudah matang bisa dikonsumsi bersama sayuran rebus lain misalnya wortel, buncis, atau kentang.

Nikmati bersama dressing salad (balsamic, minyak zaitun atau mayones), kemudian bisa juga dinikmati layaknya lotek atau gado-gado dengan menambahkan saus kacang, pecel sayur, atau bahkan dengan tambahan bumbu urap yang nikmat. Kadang bayam rebus pun nikmat disantap sebagai lalapan dengan sambal mentah dan nasi panas. 

HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK