Resep Bacon Kulit Pisang yang Viral di Media Sosial

tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/03/2021 10:45 WIB
Baru-baru ini, netizen dihebohkan dengan kehadiran bacon kulit pisang yang viral karena TikTok. Seperti apa resepnya? Ilustrasi. Baru-baru ini, netizen dihebohkan dengan kehadiran bacon kulit pisang yang viral karena TikTok. (Pixabay/stevepb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Baru-baru ini, netizen dihebohkan dengan kehadiran bacon kulit pisang yang viral di TikTok. Bentuknya memang menyerupai bacon yang pipih memanjang dan berwarna kecokelatan. Sebelum menyantapnya, Anda tidak akan tahu bahwa ini bacon 'palsu'.

Seperti dilansir Real Simple, Charles Hunter III, personal chef sekaligus food blogger The Salted Table adalah orang yang mengulik resep bacon kulit pisang. Namun rupanya Hunter terinspirasi dari Tabitha Brown, seorang vegan sekaligus pengguna TikTok.

Dalam laman blog-nya, ia bercerita bahwa melihat video Brown memasak membuatnya termotivasi untuk membuat versi bacon kulit pisang yang lebih baik. Dia pun banyak melihat referensi video dan membaca beberapa resep sebelum bereksperimen.


Bacon kulit pisang merupakan alternatif bacon untuk mereka yang tidak mengonsumsi produk hewani atau vegan juga vegetarian. Penggunaan kulit pisang pun bisa meminimalisir sampah rumah tangga.

"Jika Anda membeli pisang biasa, gosok kulitnya dulu untuk menghilangkan lapisan pestisida dan bahan sintetis yang ada pada pisang," tulis Hunter.

Berikut resep bacon kulit pisang ala Hunter.

Bahan:

1 sendok makan kecap
1 sendok makan saus Worcestershire
1/4 sendok teh bubuk bawang bombay
1/4 sendok teh bubuk bawang putih
1/4 sendok teh garam kosher
1 sendok teh dark brown sugar
1/2 sendok teh liquid smoke
1/2 sendok teh paprika asap
1/4 sendok teh lada hitam
2 buah pisang, ambil kulitnya dan potong menjadi 4 bagian
1/2-3/4 sendok makan minyak alpukat

Cara membuat bacon kulit pisang

1. Kikis daging buah dari kulit dengan sendok, pisau atau spatula. Pisahkan. Sementara itu campur semua bahan bumbu dalam mangkuk.

2. Celupkan kulit pisang dalam bumbu, pastikan seluruh bagian kulit terlapisi lalu biarkan dalam kulkas selama 2-4 jam.

3. Siapkan wajan dengan sedikit minyak lalu letakkan kulit pisang. Beri jarak agar kulit tidak memenuhi wajan. Sebaiknya bumbu tidak dituang ke wajan dan minimalisir menggosok kulit pisang karena akan merontokkan bumbu.

4. Nyalakan api, kecil hingga sedang dan biarkan kulit pisang mulai mendesis. Saat ada percikan selama beberapa menit, balik kulit. Lakukan 2-3 kali hingga kulit pisang menjadi gelap dan bumbu terkaramelisasi sempurna.

5. Tiriskan kulit dan segera sajikan selagi hangat. Jika ingin disimpan, bacon kulit pisang maksimal bisa dinikmati dalam 48 jam saja.

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK