5 Tips Agar Anak Mau Ikut Berpuasa

CNN Indonesia | Kamis, 08/04/2021 19:00 WIB
Anak belum tak terbiasa berpuasa dan menahan rasa lapar di bulan Ramadan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajak anak ikut berpuasa. Ilustrasi. Orang tua perlu mengenalkan konsep puasa pada anak, bahkan sebelum bulan Ramadan tiba. (Pixabay.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ibadah puasa bukan perkara mudah bagi anak, apalagi yang belum terbiasa. Orang tua perlu mengenalkan puasa pada anak, bahkan sebelum bulan Ramadan dimulai.

Psikolog Ayoe Sutomo mengatakan, ada beberapa cara mengajarkan puasa pada anak. Cara-cara tersebut disesuaikan dengan usia dan dan kondisi fisik anak.

"Mengenalkan nuansa puasa pada anak dilakukan jauh sebelum puasa dimulai, supaya mereka [anak] siap menjalani puasa," kata Ayoe dalam webinar, Rabu (7/4).


Berikut beberapa tips agar anak mau ikut puasa.

1. Mengenalkan konsep berpuasa

Hal pertama yang mesti dilakukan orang tua adalah mengenalkan konsep puasa pada anak. Tahap ini bisa dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadan.

Orang tua bisa menjelaskan bahwa saat puasa, seorang Muslim diharuskan untuk menahan nafsu untuk makan, minum, dan amarah. Beri tahu juga anak mengenai kegiatan dan aktivitas apa saja yang biasa dilakukan di bulan puasa seperti salat Tarawih, sahur, dan berbuka puasa.

"Kita bisa mengenalkan puasa pada anak sejak usia anak 4 tahun. Yang kita kenalkan itu konsep puasanya, apa itu puasa 'oh menahan haus dan lapar', dan ini diajarkan terus menerus sebelum puasanya dimulai," kata Ayoe.

2. Beri motivasi

Motivasi dan dukungan secara moral diperlukan anak supaya yakin pada dirinya sendiri. Ketika Anda mengenalkan konsep puasa pada anak, sebaiknya berikan pula motivasu bahwa ia bisa berpuasa penuh agar anak lebih percaya diri.

3. Jangan memaksa

Mengutip The Asian Parents, banyak orang tua yang sudah mengajak anak berpuasa sejak usia 4 tahun. Meski demikian, orang tua sebaiknya tidak memaksakan anaknya berpuasa secara penuh, atau memaksanya ikut puasa di usia 4 tahun.

Ayoe mengatakan, usia 6-7 tahun merupakan usia ideal untuk mengajarkan anak benar-benar berpuasa. Namun, orangtua juga harus memperhatikan kondisi fisik dan kekuatan anak yang sedang berpuasa.

Ada kalanya anak tidak sanggup berpuasa selama seharian penuh dan minta berbuka puasa di awal (setengah hari). Sang anak bisa jadi terlalu lelah, atau mengalami dehidrasi. Jika demikian, beri anak kelonggaran untuk berpuasa setengah hari.

"Yang penting dia sudah kenal [konsep puasa], bahwa di jam ini, di waktu ini, enggak boleh makan-minum, jadi jangan dipaksakan," ujar Ayoe.

Simak tips mengajarkan anak untuk berpuasa di halaman berikutnya.

5 Tips Agar Anak Mau Ikut Berpuasa

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK