7 Tips Mudah Membuat Meal Prep untuk Sahur dan Buka Puasa

tim | CNN Indonesia
Selasa, 13 Apr 2021 06:50 WIB
Berikut beberapa tips mudah membuat meal prep untuk sahur dan buka puasa. Meal prep adalah konsep menyiapkan makanan atau hidangan secara terjadwal. (iStockphoto/Caymia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi sebagian orang, memasak makanan bisa menguras waktu, ditambah lagi jika Anda belum tahu menu apa yang mau dimasak. Sebab itu, Anda mungkin perlu membuat meal preparation untuk menghemat waktu.

Pada bulan Ramadan, Anda juga harus pintar-pintar mengatur waktu agar tidak kelabakan memasak saat sahur dan berbuka, juga jangan sampai mengganggu waktu beribadah

Salah satu cara agar Anda punya lebih banyak waktu saat bulan Ramadan yaitu dengan menyiapkan meal preparation atau meal prep. Pada dasarnya, meal prep adalah konsep menyiapkan makanan atau hidangan secara terjadwal.


Memiliki menu makanan yang terjadwal bisa membantu Anda mengukur seberapa banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Meal-prep belakangan ini juga populer karena ternyata bisa menghemat banyak waktu.

Anda juga bisa mempersiapkan bahan-bahan makanan untuk meal-prep Anda seminggu ke depan, sehingga tak boros belanja bahan makanan.

Namun membuat meal prep bagi sebagian orang mungkin sulit karena tak terbiasa. Anda bisa melewatkan beberapa menu makanan yang bergizi dalam meal prep khusus Ramadan. Itu sebabnya, sebaiknya Anda mengetahui cara membuat meal prep yang baik dan benar agar tak melewatkan satupun manfaatnya.

Influencer dan Promotor Healthy Food Adetya Hutami dalam webinar bersama Nutrifood, menyampaikan beberapa tips untuk membuat meal prep.

1. Buat daftar bahan makanan berdasarkan nutrisi

Menurut Adetya, sebelum membuat meal prep, Anda sebaiknya membuat daftar jenis makanan berdasarkan sumber nutrisinya.

Misalnya untuk kebutuhan akan karbohidrat, Anda bisa memasukkan nasi putih, nasi merah, kentang, oatmeal, roti gandum, ke dalam daftar makanan pokok mengandung karbohidrat.

Kemudian Anda bisa membuat daftar makanan mengandung protein, seperti daging ayam, daging sapi, tempe, tahu, udang, ikan, telur, dan sumber protein lainnya.

Hal itu bertujuan agar menu makanan Anda sesuai 4 sehat 5 sempurna dan memiliki variasi.

"Kalau meal prep agar tidak monoton biasanya saya klasifikasikan jenis makanannya. Pertama bisa susun dari proteinnya apa aja, dan sayurannya apa, lemak juga apa, semua jenisnya disusun dulu," katanya.

2. Buat 3 menu sehari

Jika biasanya dalam meal prep ada menu sarapan, menu makan siang, camilan sore, dan makan malam, Anda harus mengubahnya di bulan Ramadan.

Ketika bulan Ramadan, meal prep Anda sebaiknya terdiri dari tiga menu dalam sehari, yakni menu sahur, menu takjil atau hidangan berbuka, dan menu makan malam. Namun Anda bisa menghapus takjil dalam daftar meal prep, jika Anda dan keluarga lebih senang memburu takjil sambil menunggu waktu berbuka.

"Jadi enggak harus ketat ikut aturan meal prep, tapi yang penting perhatikan kebersihan dan kalori yang ada dalam makanannya," ujar Adetya.

Simak tips lain di halaman selanjutnya untuk membuat meal prep di bulan puasa.

7 Tips Mudah Membuat Meal Prep untuk Sahur dan Buka Puasa

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER