3 Kesalahan Makan Cokelat yang Bikin Diet Gagal

tim, CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 06:16 WIB
Makan cokelat bisa membantu menurunkan berat badan. Hanya saja, terdapat beberapa kesalahan yang membuat diet gagal. Ilustrasi. Makan cokelat bisa membantu menurunkan berat badan. (Istockphoto/solidcolours)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makan cokelat bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, ada beberapa cara agar sedikit cokelat dapat efektif membantu tujuan penurunan berat badan Anda.

"Menambahkan cokelat [ke dalam diet Anda] dapat membuat perubahan gaya hidup terasa lebih realistis, menyenangkan, dan dapat dilakukan dalam jangka panjang," kata DJ Blatner, ahli nutisi dan penulis The Superfood Swap.

Menurut penelitian di Planta Medica pada Maret 2018, cokelat dapat meningkatkan mood Anda. Peneliti berpikir bahwa manfaatnya berasal dari polifenol yang baik untuk Anda dalam makanan manis.


"Ketika Anda berada dalam suasana hati yang lebih baik, Anda cenderung melakukan tindakan perawatan diri yang lebih penuh kasih dan sehat seperti olahraga dan membuat makanan bergizi," kata Blatner, seperti dikutip LiveStrong.

Terlebih lagi, cokelat dapat membantu menurunkan stres, kata sebuah studi pada Oktober 2014 di International Journal of Health Sciences.

Saat Anda stres, kadar kortisol (hormon stres) Anda lebih tinggi dan, seiring waktu, dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Hanya saja, tidak semua makan cokelat bermanfaat jika Anda mencoba menurunkan berat badan. Berikut 3 kesalahan yang mungkin Anda lakukan terkait cokelat dan menurunkan berat badan.

Kesalahan 1: Menjadikan sebagai pantangan

Bagi sebagian orang, pantang total adalah cara yang harus ditempuh. Tetapi bagi sebagian orang, pendekatan in bisa menjadi bumerang.

"Apa yang paling saya lihat dalam praktik saya adalah bahwa ketika orang ingin menurunkan berat badan, sering kali aturan ketat - memotong kelompok makanan, menghapus semua makanan yang mereka sukai - yang membuat mereka gagal," kata Blatner.

Kesalahan 2: Cokelat dalam kue panggang

Cokelat yang tepat untuk bantu diet menurunkan berat badan adalah sepotong dark chocolate. Itu karena makanan yang dipanggang seperti kue, cookie, dan pai adalah salah satu sumber gula tambahan terbesar dalam makanan Amerika, menurut American Heart Association.

Dan terlalu banyak gula tambahan dalam makanan Anda dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan risiko obesitas, menurut AHA.

Kesalahan 3: Pilih milk chocolate ketimbang dark chocolate

"Dark chocolate biasanya memiliki lebih sedikit gula dan flavonoid yang lebih bermanfaat daripada milk chocolate," kata Blatner.

Flavonoid adalah antioksidan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi stres. Dan lebih sedikit gula lebih baik untuk menurunkan berat badan.

"Peneliti dari University of Copenhagen juga menemukan dark chocolate lebih mengenyangkan daripada milk chocolate," kata Blatner.

Penelitian ini cukup kecil, tetapi ketika peserta mengakhiri puasa 12 jam dengan dark chocolate, mereka makan lebih sedikit pizza dua setengah jam kemudian.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK