7 Cara Meditasi untuk Atasi Overthinking

CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 13:15 WIB
Overthinking bisa memicu perasaan cemas yang tak henti-henti. Atasi overthinking dengan beberapa cara meditasi berikut. Ilustrasi. Overthinking bisa memicu perasaan cemas yang tak henti-henti. (iStockphoto/fizkes)
Jakarta, CNN Indonesia --

Terlalu banyak berpikir atau overthinking tak baik untuk kesehatan. Overthinking bisa memicu perasaan cemas yang tak henti-henti.

Orang dengan karakter overthinking biasanya akan memikirkan ulang suatu hal yang telah dilakukannya, dan terjebak pada satu momen itu saja. Ciri orang overthinking lainnya adalah kesulitan membuat keputusan, kerap menyalahkan diri sendiri saat salah mengambil keputusan, dan selalu merasa cemas.

Sikap terlalu banyak berpikir ini biasanya dialami oleh orang dengan gangguan kecemasan dan depresi. Mereka akan terus merasa khawatir dan takut berlebihan.


Overthinking juga bisa berakibat buruk untuk tubuh. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul di antaranya stres hingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Meditasi bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Berikut strategi bermeditasi yang bisa dicoba oleh orang dengan kebiasaan overthinking.

1. Buat jadwal meditasi teratur

Meditasi teratur bisa menenangkan pikiran. Memilih waktu meditasi secara teratur dan terus menerus adalah langkah sederhana untuk melatih otak istirahat.

"Latihan harian yang konsisten bisa jadi cara agar meditasi berdampak besar pada kesehatan mental," kata psikoterapis Haley Neidich, dilansir dari Healthline.

2. Ciptakan ruangan yang nyaman

Bermeditasi di ruangan yang dipenuhi dengan tumpukan baju kotor atau lembar kerja yang berceceran di mana-mana tentunya membuat meditasi tidak optimal.

Pertimbangkan mengatur ruangan di rumah untuk bermeditasi. Ciptakan ruangan yang nyaman dan membuat Anda merasa rileks.

3. Bermeditasi dengan teman

Meditasi biasanya dilakukan sendiri. Namun, tak ada salahnya jika Anda juga ingin mengajak teman atau kerabat bermeditasi.

Meditasi kolektif dengan teman bisa memberikan energi tersendiri dan keluar dari banyak pikiran negatif.

"Energi kolektif adalah hal yang kuat, dan tidak diragukan lagi. Bermeditasi dengan pasangan atau meditasi di kelas dapat memperkuat pengalaman Anda," kata Instruktur Meditasi asal Los Angeles, Candice Fairoth.

7 Cara Meditasi untuk Atasi Overthinking

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK