Arti Nuzulul Quran dan Proses Turunnya Alquran ke Muka Bumi

tim | CNN Indonesia
Rabu, 28 Apr 2021 13:10 WIB
Malam nuzulul quran adalah momen penting di bulan Ramadan. Berikut arti nuzulul quran dan proses turunnya Alquran ke muka bumi. Malam nuzulul quran adalah momen penting di bulan Ramadan. Berikut arti nuzulul quran dan proses turunnya Alquran ke muka bumi.(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Malam Nuzulul quran menjadi salah satu momentum berharga yang terjadi di bulan Ramadan. Berikut arti nuzulul quran, malam turunnya Alquran ke muka bumi.

Nuzulul quran merujuk pada peristiwa diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Nuzulul quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan. Pada tahun 2021/1442 Hijriah, nuzulul quran jatuh pada Kamis, 29 Mei.

Berikut pengertian nuzulul quran dan proses turunnya Alquran:


Arti Nuzulul Quran

ILUSTRASI KISAH NABI - NABI MUHAMMADArti nuzulul quran adalah adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Nabi Muhammad SAW menerima Alquran atau wahyu pertama di Gua Hira. (Foto: Istock/panyajampatong)

Nuzulul quran berasal dari kata nuzul dan Alquran. Kata nuzul secara harfiah berarti menurunkkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan quran merupakan Alquran, kitab suci umat Islam.

Jika digabungkan, arti nuzulul quran adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Secara lengkap, nuzulul quran adalah peristiwa turunnya Alquran dari Allah SWT melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW di muka bumi.

Nuzulul quran juga dapat diartikan sebagai penyampaian informasi atau wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran.

Alquran pertama kali diturunkan di Gua Hira pada 17 Ramadan. Momen inilah yang kini diperingati sebagai peristiwa nuzulul quran.

Proses Turunnya Alquran

Umat muslim membaca Alquran di Masjid Asy-Syuhada, Kenali Besar, Jambi, Kamis (1/6). Pada bulan Ramadan, umat muslim memanfaatkan waktunya dengan memperbanyak ibadah dan mengharapkan ampunan dari Allah SWT. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww/17.Arti nuzulul quran adalah peristiwa turunnya Alquran. Proses turunnya Alquran terjadi secara bertahap selama 23 tahun. (Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)


Proses turunnya berbeda dengan kitab-kitab lainnya. Menurut Manna Al-Qaththan, terdapat sejumlah mazhab mengenai proses turunnya Alquran.

Pertama, menurut Ibnu Abbas, turunnya Alquran terjadi secara sekaligus ke Baitul Izzah di langit untuk menunjukkan kepada para malaikat betapa besarnya malam ini. Setelah itu, Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap selama 23 tahun.

Pendapat lain dari Al-Syabi menyebutkan bahwa awal turunnya Alquran dimulai pada malam lailatul qadar di bulan Ramadan. Lalu, turun secara bertahap sesuai dengan peristiwa yang mengiringinya selama 23 tahun.

Alquran diturunkan secara bertahap sesuai dengan peristiwa di masa Nabi Muhammad untuk memantapkan dan memperteguh dakwah Rasulullah.

Itulah arti nuzulul quran dan proses turunnya alquran. Nuzulul quran dapat diperingati dengan membaca Alquran dan mengamalkan syariat Alquran.

(din/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER