7 Buah yang Bantu Cegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 08/05/2021 06:01 WIB
Asupan cairan dalam tubuh penting untuk dijaga selama berpuasa di bulan Ramadan agar terhindar dari dehidrasi. Air kelapa adalah salah satu asupan yang dapat mencegah hidrasi saat puasa Ramadan. (Gadini/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asupan cairan dalam tubuh penting untuk dijaga selama berpuasa di bulan Ramadan agar terhindar dari dehidrasi. Selain minum air putih yang cukup, asupan cairan juga bisa didapat dari konsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan air.

Kebutuhan cairan per hari akan bervariasi pada setiap orang, tergantung berat badan, kondisi lingkungan, aktivitas fisik, dan fungsi usus. Namun, umumnya para ahli merekomendasikan asupan cairan sebanyak 8 gelas per hari atau sekitar 1,8 liter.

Berikut 7 buah yang bantu cegah dehidrasi saat puasa Ramadan.


1. Semangka

Semangka mengandung 92 persen air. Terlebih lagi, kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu Anda merasa kenyang.

Kombinasi air dan serat berarti Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa banyak kalori.

2. Stroberi

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikannya makanan yang sangat menghidrasi.

Karena sekitar 91 persen berat stroberi berasal dari air, memakannya akan berkontribusi pada asupan air harian Anda.

Selain itu, seperti dilansir Healthline, stroberi menyediakan banyak serat, antioksidan penangkal penyakit, vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan.

Makan stroberi secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker.

3. Persik

Ilustrasi pohon buah persikPersik adalah salah satu buah yang dapat mencegah hidrasi saat puasa Ramadan. (Pixabay/xamumu)

Persik adalah buah yang padat nutrisi dan menghidrasi. Hampir 90 persen dari beratnya adalah air.

Buah ini juga menyediakan beberapa vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B dan kalium.

Selain itu, makan buah persik dengan kulitnya juga dapat berkontribusi antioksidan penangkal penyakit seperti asam klorogenat ke makanan Anda.

Kandungan air dan serat buah persik menjadi alasan mengapa buah ini sangat mengenyangkan dan rendah kalori, dengan hanya 60 kalori dalam buah persik sedang.

4. Jeruk

Selain menyegarkan, buah jeruk juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Ada hampir setengah cangkir (118 ml) air dalam satu jeruk, bersama dengan serat dan beberapa nutrisi.

Ini termasuk vitamin C dan kalium, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung Anda.

Jeruk juga kaya akan antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan.

Air dan serat dalam jeruk dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang membantu mengendalikan nafsu makan Anda.

5. Mentimun

Ilustrasi timunMentimun adalah salah satu buah yang dapat mencegah hidrasi saat puasa Ramadan. (Pixabay/stevepb)

Mentimun adalah makanan sehat dan menghidrasi lainnya untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda.

Mentimun juga hampir seluruhnya terdiri dari air dan juga memberikan sejumlah kecil nutrisi, seperti vitamin K, kalium dan magnesium.

Dibandingkan dengan sayuran kaya air lainnya, mentimun termasuk yang paling rendah kalori. Hanya ada 8 kalori dalam setengah cangkir (52 gram) porsi, dan kandungan airnya membuatnya sangat menyegarkan.

Anda bisa makan mentimun dalam porsi yang relatif besar tanpa menambahkan sejumlah besar kalori ke dalam makanan Anda, yang berguna untuk menjaga berat badan Anda.

6. Tomat

Tomat memiliki profil nutrisi yang mengesankan dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Satu tomat ukuran sedang menyediakan sekitar setengah cangkir (118 ml) air. Ini juga menyediakan sejumlah besar vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Jumlah air yang tinggi dalam tomat berkontribusi pada kandungan kalori rendahnya, dengan hanya 32 kalori dalam satu porsi (149 gram) porsi.

Selain itu, tomat kaya serat dan beberapa antioksidan penangkal penyakit, termasuk likopen.

7. Air kelapa

Air kelapa adalah minuman super sehat yang akan membuat Anda tetap terhidrasi.

Tidak hanya memiliki kandungan air yang sangat tinggi, ia juga kaya akan elektrolit, termasuk kalium, natrium, dan klorida.

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa bermanfaat untuk rehidrasi. Dan itu dianggap bermanfaat untuk pemulihan karena kandungan elektrolitnya.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK