Cara Meningkatkan Produksi ASI saat Ibu Berpuasa

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 20:15 WIB
Ibu menyusui diperbolehkan berpuasa asal tubuh dalam kondisi fit. Berikut cara meningkatkan produksi ASI saat berpuasa. Ilustrasi. Ibu menyusui diperbolehkan berpuasa asal tubuh dalam kondisi fit. (Istockphoto/ Petrunjela)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ibu menyusui memang diberikan keringanan di bulan Ramadan untuk tidak berpuasa. Namun, bukan berarti ibu menyusui tidak diperbolehkan berpuasa.

Ibu menyusui diperbolehkan berpuasa asal tubuh dipastikan dalam kondisi fit. Jangan sampai tubuh merasa lelah hingga sulit memenuhi nutrisi si buah hati.

"Asalkan ahli kesehatan menyatakan nutrisinya cukup, tetap bisa berpuasa. Tapi, kalau dokter bilang bahaya karena nutrisi tidak tercukupi, lebih baik tidak puasa," ujar Ustazah Lailatis Syarifah, dalam Live Instagram HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Puasa, lanjut Lailatis, menjadi waktu yang tepat bagi ibu untuk menambah pahala.

Namun, secara medis, puasa memang membuat cairan di tubuh berkurang. Pada ibu menyusui, jika kadar cairan berkurang, maka volume ASI bisa ikut berkurang.

Namun, Anda tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar produksi ASI tetap tinggi meski menjalankan ibadan puasa.

1. Penuhi cairan tubuh

Dokter Meutia Ayuputeri dari RS Pondok Indah menyarankan agar ibu menyusui minum setidaknya 10 gelas per hari.

Ibu disarankan minum dua gelas saat sahur, dua gelas jelang imsak. Kemudian, saat berbuka puasa, ibu disarankan meminum dua gelas setelah berbuka puasa, dua gelas setelah makan malam, dan dua gelas sebelum tidur.

2. Tambah asupan protein

Perbanyak pula asupan protein saat makan sahur dan berbuka puasa untuk memperbanyak ASI. Anda bisa menambahkan putih telur, kacang-kacangan, atau daging.

3. Tambah booster ASI

Anda juga bisa mengonsumsi booster ASI. Booster ASI akan saling berbeda pada setiap orang. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika ingin menggunakan booster ASI.

4. Sering menyusui

Menyusui secara berkala bisa membuat payudara kosong. Dengan demikian, produksi ASI akan meningkat.

"Pengosongan payudara secara berkala adalah booster [ASI] yang baik. Dengan ASI diminum bayi, produksinya akan berlanjut. Kalau tidak diambil, nanti menumpuk dan produksi bisa menurun," ujar Meutia.

5. Rutin memompa ASI

Memompa ASI secara rutin bisa membuat produksi ASI terus berlanjut. Pompa ASI kapan pun selama berpuasa.

KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL SELENGKAPNYA.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK