4 Tips Keluar dari Toxic Relationship

tim, CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 05:20 WIB
Sebuah hubungan bisa jadi tidak sehat atau toxic relationship ketika satu pihak merasa terintimidasi karena perlakuan atau sikap pasangannya. Sebuah hubungan bisa jadi tidak sehat atau toxic relationship ketika satu pihak merasa terintimidasi karena perlakuan atau sikap pasangannya. (iStockphoto/Devrimb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perkara toxic bukan cuma urusan pekerjaan tapi juga urusan hati.

Sebuah hubungan bisa jadi tidak sehat atau toxic relationship ketika satu pihak merasa terintimidasi karena perlakuan atau sikap pasangannya. Bisa jadi, salah satu pihak bersikap manipulatif untuk mendapatkan keuntungan dari pasangannya.

Dalam ilmu psikologi, hal tersebut disebut dengan manipulasi psikologi. Menurut Psychology Today, manipulasi psikologi bisa bersifat emosional dan tak disadari. Manipulasi psikologi juga bisa diartikan pada upaya untuk mengatur atau mengubah situasi, atau perilaku orang lain.


Anda mungkin pernah mencoba mempengaruhi apa yang orang lain lakukan, atau bahkan membuat situasi yang menguntungkan diri sendiri. Kadang kala ini membawa pengaruh positif, seperti saat memuji pasangan saat sedang bersih-bersih, yang sebenarnya juga bermanfaat untuk diri Anda sendiri. Rumah menjadi bersih, Anda senang, pasangan Anda senang dapat pujian.

Namun tak jarang juga sikap ini bisa membawa dampak buruk, bentuknya seperti ancaman yang memaksa Anda untuk memenuhi keinginan pasangan. Manipulasi paling bermasalah ketika terjadi dalam intensitas yang sering dan melibatkan perilaku paling ekstrim, seperti ancaman bunuh diri, memaksa Anda melewati batas-batas norma atau kebiasaan, atau mengharuskan Anda mengabaikan perasaan.

Karena seringkali dilakukan secara tak sadar, manipulasi dalam sebuah hubungan kerap dibiarkan hingga berujung menjadi hubungan tak sehat. Itu sebabnya ada baiknya Anda mengenal lebih jauh soal manipulasi psikologi dalam sebuah hubungan. Berikut empat tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari toxic relationship. 

4 Tips Bebas Toxic Relationship

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK