Mengabadikan Hitam Putih Lewat Analografi CNN Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 09:22 WIB
Lebih dari 1.800 karya diikutsertakan dalam Analografi CNN Indonesia perdana. Pemenang 1-3 telah mendapatkan sepeda dari Pacific Bike. Lomba foto Analografi CNN Indonesia digelar pada 17-31 Maret 2021. (CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di era digital yang melahirkan ratusan gawai untuk memotret, fotografi Analog tak pernah ditinggalkan. Kesabaran memahami dan mengendalikan mesin kamera analog masih membuat banyak juru kamera di Indonesia kepincut.

Menangkap geliat fotografi Analog yang tak pernah surut dari tahun ke tahun, CNN Indonesia menggelar lomba ajang Analografi perdana pada Maret 2021. Tema Hitam-Putih dipilih untuk edisi pertama.

Lomba digelar memanfaatkan medium Instagram yang memang kerap menjadi wadah berbagi para fotografer di Instagram, pada periode 17-31 Maret 2021. Lebih dari 1800 unggahan diikutsertakan pada Analografi kali ini, dengan para peserta menggunakan tagar #CNNAnalografi #CNNIndonesia atau #CNNHitamPutih.


Kemudian, tim juri yang berasal dari redaksi CNN Indonesia yaitu Fajrian (Head of Multimedia), Mohammad Safir Makki (Koordinator Fotografer), Adhi Wicaksono (Fotografer), dan Mundri Winanto (Riset Foto), memilih 14 karya terpilih, termasuk tiga pemenang.

Kriteria yang digunakan untuk memilih karya adalah keaslian karya, kesesuaian dengan tema, kreativitas, teknis atau tingkat kesulitan pengambilan gambar, serta estetika foto.

Setelah mengkurasi lebih dari seribu foto pada 1-3 April, tim juri kemudian memilih 14 karya yang tampil di Galeri Interaktif Analografi yang diluncurkan pada 10 April lalu.

Selain itu, tim juri juga memilih pemenang 1-3 yang mendapatkan hadiah dari Pacific Bike sebagai sponsor utama Analografi CNN Indonesia.

Pemenang Pertama: Hazbi Faizasyah (@hfaizasyah)
Judul foto: Frank Gehry's Staircase
Asal: Jakarta

Pemenang Kedua: Dimas Sugih (@capburungwalet)
Judul foto: Sang Pejantan dari Timur Sumba
Asal: Jakarta

Pemenang Ketiga: Robby R Noor (@robby_r_noor)
Judul foto: Belah Kapal Cilincing
Asal: Bekasi

Cover Pemenang AnalografiPemenang 1: Hazbi Faizasyah (Baju hitam-hitam), pemenang 2: Dimas Sugih (bertopi), pemenang 3: Robby R Noor (baju putih)

Hasbi sebagai pemenang pertama mendapatkan sepeda Spectre 6.0, sementara Dimas meraih sepeda Aquila 2.0, dan Robby menerima Pithon M320VR, seluruhnya dari Pacific Bike.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh peserta yang telah mengikuti Analografi CNN Indonesia.

Simak karya-karya terpilih di galeri interaktif berikut: Analografi Hitam-Putih.

(vws)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK