12 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin B12

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 09:48 WIB
Kekurangan vitamin B12 akan mengganggu produksi sel darah merah. Berikut sederet gejala tubuh kekurangan vitamin B12 yang perlu Anda ketahui. Ilustrasi. Kekurangan vitamin B12 membuat produksi sel darah merah terganggu. (Stocksnap/Krzysztof Puszczynski)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kekurangan vitamin B12 kerap terjadi. Kenali sederet gejala tubuh kekurangan vitamin B12.

Vitamin B12, atau dikenal juga sebagai cobalamin, merupakan vitamin penting yang larut dalam air. Vitamin ini berperan penting dalam produksi sel darah merah dan berfungsinya sistem saraf.

Vitamin ini ditemukan secara alami dalam produk hewani. Beberapa jenis roti dan susu nabati juga mengandung vitamin B12.


Anda berisiko mengalami defisiensi jika tidak mendapatkan cukup vitamin B12 dari makanan. Defisiensi vitamin B12 lumrah terjadi pada kelompok lanjut usia.

Sayangnya, tanda defisiensi vitamin B12 membutuhkan waktu lama untuk muncul. Hal ini membuat proses diagnosis jadi sedikit rumit.

Berikut gejala kekurangan vitamin B12 mengutip berbagai sumber.

1. Kulit pucat

Orang dengan defisiensi B12 akan terlihat pucat atau memiliki rona kekuningan pada kulit dan mata.

Mengutip Healthline, kulit pucat ini terjadi akibat defisiensi B12 yang menimbulkan masalah pada produksi sel darah merah. Minimnya sel darah merah membuat warna kulit tampak pucat.

Shot of a young businessman experiencing stress during late night at workIlustrasi. Rasa lelah menjadi gejala paling umum dari kekurangan vitamin B12. (Istockphoto/PeopleImages)

2. Kelelahan

Kelelahan menjadi tanda yang paling umum.

Rasa lelah ini muncul akibat kurangnya B12 untuk membuat sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini kemudian akan membuat tubuh terasa lemah.

3. Kesemutan

Kerusakan saraf jadi efek samping yang lebih serius dari defisiensi B12.

B12 merupakan kontributor penting pada jalur metabolisme yang menghasilkan mielin. Mielin mengelilingi saraf sebagai bentuk perlindungan. Tanpa B12, mielin diproduksi secara berbeda dan sistem saraf tak akan berfungsi dengan baik.

Akibat dari sistem saraf yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya adalah kondisi paresthesia atau sensasi kesemutan yang lebih mirip dengan sensasi tusukan jarum di tangan dan kaki.

4. Glositis atau peradangan pada lidah

Glositif membuat lidah berubah warna dan bentuk. Lidah juga akan terasa nyeri, tampak kemerahan, dan membengkak.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah yang mengalami peradangan memiliki lesi lurus panjang di atasnya yang bisa menjadi tanda awal defisiensi vitamin B12.

Selain itu, beberapa orang dengan defisiensi B12 juga mengalami gejala mulut lainnya seperti sariawan, sensasi terbakar di lidah, hingga gatal di area mulut.

5. Sesak napas

Jika Anda mengalami anemia akibat defisiensi B12, maka Anda mungkin akan mengalami sesak napas. Pasalnya, tubuh kekurangan sel darah merah yang dibutuhkan untuk mengalirkan oksigen ke sel-sel tubuh.

Simak gejala kekurangan vitamin B12 lain di halaman berikutnya.

12 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin B12

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK