5 Jenis Pisang yang Baik untuk Diet dan Manfaatnya

Tim, CNN Indonesia | Senin, 26/04/2021 07:08 WIB
Meski memiliki banyak jenis, hanya ada varian tertentu pisang yang baik untuk diet dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Meski memiliki banyak jenis, hanya ada varian tertentu pisang yang baik untuk diet dengan kandungan nutrisi yang lengkap. (Foto: Ryan McGuire/gratisography)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pisang merupakan buah-buahan yang banyak digemari dan kerap dijadikan sebagai asupan makanan yang bisa menurunkan berat badan.

Mengonsumsi pisang secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi penting seperti:

  • Kalium
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Mangan Serat
  • Karbohidrat
  • Protein

Meski banyak jenisnya, hanya ada varian tertentu pisang yang baik untuk diet. Di antaranya:


1. Pisang Ambon

bananaPisang ambon adalah jenis pisang yang baik untuk diet (Foto: iStockphoto/BSPC)

Pisang ambon termasuk salah satu jenis pisang yang rasanya manis dengan ciri warna kuning bercampur hijau dan ukurannya sedang.

2. Pisang Cavendish

Ilustrasi Pisang KembarPisang cavendish adalah jenis pisang yang baik untuk diet (Foto: Samohin/Thinkstock)

Pisang cavendish memiliki aroma khas dengan rasa manis lembut dan warnanya kuning terang berukuran panjang lonjong serta ramping. 

3. Pisang Kepok

Ilustrasi buah pisangPisang kepok adalah jenis pisang yang baik untuk diet (Foto: Pixabay/thomaspedrazzoli)

Pisang kepok adalah jenis pisang yang banyak disarankan untuk konsumsi penderita diabetes. Ciri warnanya kuning tidak mencolok dengan ukuran sedang namun padat.

4. Pisang Mas

[Gambas:Instagram]

Pisang mas salah satu pisang yang paling mudah dikenali karena ukurannya kecil-kecil dengan warna kuning terang, tapi memiliki banyak nutrisi.

5. Pisang Raja Bulu

Fresh organic Latundan bananas (Tundan, Silk bananas, Pisang raja sereh, Manzana or Apple bananas)Pisang raja adalah jenis pisang yang baik untuk diet (Foto: iStockphoto/AmalliaEka)

Pisang raja bulu adalah pisang paling umum khususnya di Indonesia. Ciri warnanya kuning agak pekat dan ukurannya sedang namun padat.

Kandungan dan Manfaat Pisang untuk Diet

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK