Ombak Latakia, Magnet Wisata di Barat Suriah

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 24/04/2021 13:07 WIB
Di balik citra negara yang sarat konflik, Suriah memiliki pesona ombak empat meter bagi para peselancar, tepatnya di kota Latakia. Kota Latakia menjadi salah satu magnet wisatawan di Suriah. (AFP/LOUAI BESHARA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suriah dalam satu dekade terakhir mungkin lebih identik sebagai negara yang rawan konflik dan peperangan. Berita-berita yang datang dari negara yang bertetangga dengan Turki dan Irak ini memang acapkali diwarnai tentang aksi kekerasan, terutama terkait ISIS.

Namun, di balik citra tersebut, Suriah justru memiliki segudang tempat wisata, dari mulai bertema sejarah hingga wisata air yang memacu adrenalin.

Tepatnya di Barat Laut Damaskus, atau Kota Pelabuhan Utama yakni Latakia. Kota yang cukup eksotis ini menjadi salah satu kota penarik turis.


Tak hanya menjadi kota pelabuhan, Latakia juga dengan sempurna memadukan kekayaan sejarah budaya dengan pantai berpasir yang panas, menjadikan kota ini salah satu tujuan wisata terindah di Mediterania. 

Banyak pula yang kepincut dengan ombak lautnya. 

Dikutip dari SurferToday.com ombak memang jarang terjadi di Suriah, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Saat tiba, ombak justru dengan sempurna menghantam pantai vertikal barat Suriah.

"Di sini, Anda dapat menemukan pengalaman berselancar yang bagus, dengan ombak Barat atau angin Mediterania Barat Daya. Latakia mungkin menawarkan wajah ombak setinggi empat kaki di mana Anda akan menjadi satu-satunya peselancar," dikutip dari situs tersebut.

Jika pelancong meluangkan waktu untuk berjalan beberapa kilometer sedikit ke selatan, barisan pasir dan bukit pasir yang panjang juga siap menyambut.

Selain berselancar, theextravagant.com juga merangkum destinasi wisata lain yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Latakia.

Misalnya Museum Nasional Latakia, Stadion al-Assad, Kastil Salah ad-Din, reruntuhan Ugarit, Masjid Agung abad ke-13, Masjid Jadid abad ke-18 dan beberapa pantai menakjubkan lainnya.

Museum Nasional Latakia, yang terletak dekat dengan bagian pinggir laut kota, adalah salah satu situs yang harus dikunjungi di Latakia. Museum ini memiliki koleksi banyak barang antik dari masa lalu, termasuk surat berantai periode Arab dan Tentara Salib awal serta tablet bertuliskan kuno dari Ugarit.

Kastil Salah ad-Din dan reruntuhan Ugarit juga bukan tempat yang harus dilalui begitu saja dua lokasi ini merupakan tempat beberapa tulisan alfabet paling awal ditemukan, adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang tertarik dengan sejarah mendalam dan budaya Suriah yang kaya. 

Jangan khawatir soal penginapan, di daerah ini telah banyak berdiri resor berkualitas.

(tst/vws)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK