Baca Buku Gratis di Perpustakaan Mini Taman Lembang

CNN Indonesia | Kamis, 06/05/2021 16:50 WIB
Saat ini warga Jakarta dan sekitarnya bisa menikmati keteduhan Taman Lembang sembari membaca buku dari perpustakaan mini. Jakarta Bookhive, perpustakaan mini di Taman Lembang, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Membaca buku bisa menjadi "pelarian" di tengah kebosanan berada di rumah selama masa pandemi virus Corona. Membaca buku tak terbatas dengan membolak-balik halaman kertas, karena saat ini ada banyak buku digital sampai buku suara yang bisa dinikmati dari layar telepon genggam atau komputer lipat.

Taman dan buku juga nampaknya bisa menjadi wisata yang murah meriah. Saat ini bahkan salah satu taman di Jakarta sudah dilengkapi oleh perpustakaan.

Perpustakaan mini nan modern bernama Jakarta Bookhive itu berlokasi di Taman Lembang, Jakarta Pusat.


Pemiliknya ialah Farid Hamka, dan perpustakaan taman ini dibuka bertepatan dengan Hari Buku Sedunia pada 23 April 2021.

Konsep Jakarta Bookhive sebelumnya telah ada di benua Eropa, seperti Inggris dan Jerman. Di sana, kotak telepon umum yang sudah tak lagi berfungsi digunakan sebagai rak buku.

Rak buku yang berdiri di trotoar Taman Lembang itu tidak besar, tapi aman sebagai tempat berteduh buku-buku yang bisa dibaca pengunjung. Konsep rak antiair itu merupakan gagasan Accossa Lab.

Pengoperasian Jakarta Bookhive juga telah direstui oleh Wali Kota Jakarta Pusat.

Di akhir pekan, bisa terlihat 8-10 orang yang sedang membaca buku di Jakarta Bookhive. Tak hanya meminjam buku untuk dibaca ditempat atau dibawa pulang ke rumah (bisa juga dikembalikan lagi dengan waktu bebas), pengunjung juga boleh menyumbangkan buku yang layak dibaca semua kalangan.

Selain Jakarta Bookhive, sudah ada beberapa perpustakaan kekinian yang bisa dikunjungi di Jakarta.

Akun Instagram MRT Jakarta pernah mengunggah informasinya, juga bertepatan saat Hari Buku Sedunia.

Lokasi-lokasi perpustakaan modern yang bisa dikunjungi di Jakarta antara lain; Perpustakaan Digital Stasiun ASEAN, Ruang Baca Jakarta di Stasiun Bundaran HI - Dukuh Atas BNI - Blok M BCA - Lebak Bulus Grab, serta Microlibrary di Kawasan Berorientasi Transit Dukuh Atas.

Rak buku Jakarta Bookhive dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00. Di luar jam tersebut, pengunjung bisa menitipkan sumbangan buku ke satpam setempat.

Jangan lupakan protokol kesehatan pencegahan virus Corona saat berkunjung ke sini.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]




(ard/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK