Menanti Rampungnya Masjid 99 Kubah di Tepi Losari

CNN Indonesia | Minggu, 09/05/2021 17:28 WIB
Masjid 99 Kubah yang berarsitektur unik bakal menjadi teman menikmati momen sunset di tepi Pantai Losari, Makassar. Pemandangan Masjid 99 Kubah di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembangunan Masjid 99 Kubah yang berada di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, terus dikebut sejak dimulai tahun 2017 dengan perkiraan rampung tahun 2022.

Masjid yang tampilannya depannya berundak mirip Hawa Mahal di Jaipur, India, ini merupakan rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang awalnya berprofesi sebagai arsitek.

Jika tampilan depan Hawa Mahal berupa jendela, maka tampilan muka Masjid 99 Kubah ialah kubah bulat.


Warna masjidnya cerah, dengan perpaduan merah, oranye, sampai kuning. Jumlah 99 kubah terinspirasi dari Asmaul Husna.

Masjid 99 Kubah ini terletak di lahan reklamasi pesisir Pantai Losari. Tepatnya berada di Kawasan CPI (Center Point of Indonesia) - yang disebut lahan reklamasi. Jika sudah rampung, tentu saja bakal menjadi ikon wisata religi di Makassar.

Bangunan masjid dua lantai ini seluas 72x45 meter, dengan kapasitas sekitar 13 ribu jemaah. Umat Islam bisa beribadah di dalam, atas, sampai halamannya.

Saat ini Masjid 99 Kubah belum bisa dikunjungi umum karena masih dalam tahap pembangunan. Namun, warga Makassar kadang berdatangan untuk menikmati momen senja di sekitar masjid.

Penyelesaian pembangunan masjid yang dibangun dengan total dana sekitar Rp185 miliar ini tentu saja amat dinanti oleh penduduk Indonesia.

Apalagi sebelumnya terdengar kabar kalau ada atraksi air mancur indah di halaman masjid, yang bakal menghibur pengunjung selama 30 menit usai salat Magrib dan Isya setiap harinya.

Air mancur di Masjid 99 Kubah konon katanya terdiri dari tujuh macam warna dan bisa berubah bentuk mengikuti musik yang diputar.

Setinggi 17 meter, air mancur di masjid ini jadi air mancur terpanjang kedua setelah Air Mancur Sri Baduga Purwakarta, dan jadi air mancur terbesar di luar Pulau Jawa.

[Gambas:Instagram]



(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK