Tips Agar Hewan Peliharaan Tidak Stres dengar Bunyi Petasan

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 17:13 WIB
Baik kucing maupun anjing bisa mengalami ketakutan atau stres ketika bunyi petasan muncul berulang-kali. Simak tips untuk meredakan kegelisahan mereka. Ilustrasi hewan peliharaan kucing. (iStockphoto/piranka)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suara petasan dan kembang api identik dengan ragam perayaan hari raya, salah satunya di malam takbiran. Pada satu malam sebelum lebaran, suara kembang api yang beruntun dan menggelegar jadi hal umrah terdengar di berbagai wilayah di Indonesia. 

Suara ledakan beruntun tersebut bisa membuat hewan peliharaan seperti anjing dan kucing takut atau bahkan stres.

Melansir laman Battersea ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan mereka agar tetap nyaman dan tidak stres saat ada bunyi ledakan.


Cara Menenangkan Kucing Saat Ada Suara Petasan

Tempatkan Kucing di Dalam Kamar

Menempatkan kucing di dalam kamar adalah salah satu cara terbaik untuk menekan rasa takut, kaget, dan stres pada mereka. Buat kucing Anda nyaman dengan meletakkan tempat makan dan air, nampan kotoran dan pasir, juga mainan favoritnya.

Upayakan kucing setidaknya sedikit leluasa di dalam kamar agar mereka bergerak bebas saat suara petasan mungkin masih terdengar. Hal ini bertujuan agar kucing tidak merasa stress karena pergerakannya dibatasi.

Kunci Semua Jendela dan Pintu

Supaya kucing Anda tidak melarikan diri atau kabur, tutup semua pintu dan jendela sebelum waktu-waktu membunyikan petasan dimulai (malam hari). Kucing bergerak cukup lincah dan bisa masuk dalam tempat sempit sehingga akan sulit mencarinya saat kucing Anda kabur.

Ciptakan Ruang Sembunyi yang Aman

Pemelihara kucing biasanya mengetahui tempat kucing kesayangan bersembunyi. Secara umum, mereka biasa ngumpet di tempat yang tinggi.

Membuat nyaman tempat persembunyian kucing bisa membantu mengurangi stress saat ada bunyi petasan. Sediakan cemilan, makanan, dan air minum di tempat persembunyiannya. Jangan lupa lapisi dengan selimut dan biarkan dalam keadaan terbuka agar mudah bergerak.

Hindari Mengurung Kucing

Hindari mengurung kucing dengan ruang pergerakan yang terbatas. Saat stres kucing bisa melukai dirinya sendiri saat mencoba melarikan diri. Bebaskan kucing pergi ke tempat persembunyiannya -- yang sudah Anda pastikan telah menjadi nyaman.

Hindari Kilatan Cahaya Petasan

Menutup gorden selain membantu meredam bising juga menolong kucing agar tidak gelisah. Kilatan cahaya dari petasan bisa membuat kucing Anda menjadi panik dan berusaha melarikan diri.

Cara Menenangkan Anjing Saat Ada Bunyi Petasan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK