Cara Aman Menggoreng Ikan agar Tidak Kecipratan Minyak Panas

imb, CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 16:25 WIB
Agar kulit tangan tetap aman dan dapur bebas dari noda cipratan minyak, berikut cara menggoreng ikan agar tidak kecipratan minyak panas. Agar kulit tangan tetap aman dan dapur bebas dari noda cipratan minyak, berikut cara menggoreng ikan agar tidak kecipratan minyak panas. (Foto: iStockphoto/Nopadol Uengbunchoo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menggoreng adalah teknik memasak sederhana yang mudah dilakukan untuk menghasilkan masakan bertekstur renyah.

Namun jika tidak berhati-hati saat menggoreng, minyak panas akan meletup dan tepercik ke tangan atau anggota tubuh lainnya.

Apalagi saat harus menggoreng ikan yang bersisik dan berkulit basah. Seperti yang diketahui, air dan minyak panas bukanlah 'teman' baik.


Menggoreng ikan begitu saja tentu akan berisiko minyak terciprat ke mana-mana.

Untuk itu, simak cara menggoreng ikan agar tidak kecipratan minyak panas, sehingga kulit tangan tetap aman dan dapur bebas dari noda cipratan minyak.

1. Keringkan Badan Ikan

Sebelum memasukkan ikan ke dalam wajan berisi minyak panas, terlebih dahulu keringkan badan ikan menggunakan tisu khusus menyerap minyak.

Tekan-tekan kepala hingga ekor ikan di kedua sisi dan pastikan ikan tidak lagi basah kemudian masukkan ikan secara perlahan ke dalam minyak panas.

Jika ikan terlumuri bumbu basah, tiriskan terlebih dahulu sampai tidak ada bumbu yang menetes, kemudian ikan siap dimasukkan ke dalam periuk.

Red snapper fish being fried in frying pan on stove. Cooking vegetarian meal.Cara menggoreng ikan agar tidak kecipratan minyak panas (Ilustrasi Foto: Istockphoto/Debbie Ann Powell)


2. Tutup Wajan saat Menggoreng

Jika setelah mencoba cara mengeringkan namun letupan minyak masih terjadi, segera ambil penutup panci yang ukurannya melebihi atau sama dengan wajan yang Anda gunakan untuk menggoreng ikan.

Setelah memasukkan ikan tutup wajan dan atur api ke tingkat sedang hingga kecil. Lakukan hal yang sama setelah membalikkan badan ikan.


3. Pastikan Setengah Badan Ikan Terendam Minyak

Saat menggoreng ikan sebaiknya tuang minyak lebih banyak ke dalam wajan, setidaknya badan ikan terendam setengah.

Volume minyak dalam wajan berpengaruh mencegah letupan minyak dan membuat ikan menjadi matang merata juga tidak gosong sebelah.


4. Beri Tepung

Ilustrasi tepung teriguMemberi tepung adalah trik menggoreng ikan agar tidak kecipratan minyak panas. (Foto: KaboomPics)

Tidak perlu memberi tepung dalam jumlah banyak karena mungkin Anda tidak ingin memasak ikan goreng tepung.

Cukup balurkan tipis-tipis tepung terigu pada kedua sisi badan ikan tapi merata untuk hasil terbaik. Lakukan hal tersebut setelah Anda membumbui ikan dengan garam dan lada.

Atau bisa juga setelah minyak menjadi panas, tabur sedikit tepung terigu lalu ikan siap digoreng.

Tepung berfungsi untuk menyerap lembap atau air berlebih pada ikan sehingga mengurangi risiko minyak panas meletup.


5. Masukkan Ikan Perlahan dan Goreng dengan Suhu Minyak Sedang

Cara menggoreng ikan agar tidak kecipratan minyak panas yang terakhir adalah menggoreng di suhu minyak yang belum terlalu panas.

Mulanya, hidupkan api kompor dan panaskan minyak sampai di suhu sedang, jangan sampai minyak kepanasan sebelum ikan dimasukkan ke dalam wajan. Kemudian baru masukkan ikan dari tepi wajan secara perlahan untuk menghindari percikan minyak.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK