7 Tempat Wisata di DKI hingga Jabar yang Tutup Sementara

CNN Indonesia | Minggu, 16/05/2021 18:40 WIB
Sejumlah tempat wisata tutup sementara karena mengalami lonjakan pengunjung saat lebaran kemarin. Berikut daftarnya. Sejumlah tempat wisata, salah satunya Ancol ditutup sementara saat libur lebaran 2021 demi menekan penyebaran covid-19. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta dan beberapa provinsi lain seperti Jawa Barat hingga Banten dipadati warga saat libur lebaran 2021.

Guna menghindari kerumunan warga supaya tak terjadi penyebarluasan penularan covid-19, manajemen dan pemerintah daerah menutup tempat wisata mereka.

Berdasarkan penelusuran CNNINdonesia.com, berikut daftar tempat wisata yang ditutup itu.


1. Ancol, Jakarta

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menghentikan sementara operasional kawasan wisata tersebut mulai 15-17 Mei 2021. Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan pihaknya ingin melakukan evaluasi kegiatan dan protokol kesehatan di kawasan rekreasi tersebut setelah sebelumnya dikunjungi puluhan ribu orang.

Informasi penutupan mereka sampaikan melalui laman akun Instagram mereka pada Sabtu (15/5). Di akun media sosialnya, pihak Ancol mengatakan pengunjung yang sudah membeli tiket untuk kunjungan pada 15 - 17 Mei 2021 dapat melakukan penjadwalan ulang kedatangan mulai 18 Mei hingga 31 Desember 2021 tanpa melakukan penjadwalan ulang.

Pengunjung juga bisa mengajukan pengembalian dana untuk tiket yang sudah dibeli dengan beberapa ketentuan diantaranya pengembalian dana ditujukan bagi pengunjung Ancol Taman Impian dan unit rekreasi di dalamnya yang melakukan pembelian di website www.ancol.com dan Ancol App pada tanggal 15-17 Mei 2021.

[Gambas:Instagram]


2. Ragunan, Jakarta

Selain Ancol, penutup sementara juga dilakukan pada Taman Margasatwa Ragunan. Penutupan dilakukan mulai 16-17 Mei 2021. Penutupan ini dilakukan dalam rangka penguatan protokol kesehatan dan akan buka kembali pada hari Selasa, 18 Mei 2021.

Sementara itu, bagi pengunjung yang sudah mendaftar online untuk kunjungan pada hari minggu dibatalkan berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan. Pihak manajemen juga meminta maaf dengan penutupan ini dan meminta warga agar memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sebelumnya, jumlah pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan sempat membludak pada Sabtu (15/5) pagi lalu. Puluhan aparat dari TNI, Polri, dan Satuan Pamong Praja (Satpol PP) juga dikerahkan untuk berjaga di sekitar pintu masuk utama. Begitu juga dengan pintu masuk sisi sebelah barat dan utara.

[Gambas:Instagram]

3. TMII

Objek wisata Taman Mini Indonesia Indah juga menutup tempat wisatanya pada 16-17 Mei 2021 menyusul surat edaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pasalnya, tempat wisata tersebut mengalami peningkatan jumlah pengunjung selama libur lebaran 2021.

TMII baru akan kembali dibuka pada Selasa, 18 Mei 2021. Bagi pengunjung yang telah melakukan pembelian tiket online dapat di-reschedule sebelum tanggal 31 Mei 2021 dengan membawa bukti pemesanan tiket.

[Gambas:Instagram]


4. Tempat Wisata Ciwidey

Bupati Bandung Dadang Supriatna melaporkan bahwa destinasi wisata di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, juga ditutup sementara sampai waktu yang belum ditentukan.

Pengumuman itu disampaikan Dadang Supriatna lewat unggahan di Instagram pada Minggu (16/5).

[Gambas:Instagram]

"Hari ini Saya melakukan monitoring penutupan di beberapa lokasi tempat wisata yaitu di ciwalini, ciwidey valley,dan Glamping lakeside Rancabali," tulis Dadang.

Penutupan dilakukan setelah ada instruksi dari Gubernur Jawa Barat yang menginstruksikan penutupan akses menuju destinasi wisata di Ciwidey yakni tempat wisata PACIRA (Pasir Jambu, Ciwidey, Rancabali) karena dikhawatirkan terjadi lonjakan kasus covid-19.

Instruksi Gubernur Jabar

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK