8 Tanaman Hias Penghilang Bau Toilet

tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/06/2021 11:25 WIB
Selain menjadi pajangan, terdapat sejumlah tanaman hias yang bisa jadi penyerap kelembaban sekaligus penghilang bau di ruangan. Ilustrasi. Selain menjadi pajangan, terdapat sejumlah tanaman hias yang bisa jadi penyerap kelembaban sekaligus penghilang bau di ruangan. (iStockphoto/wichatsurin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain menjadi panjangan, sejumlah tanaman hias juga bisa jadi penyerap kelembaban sekaligus penghilang bau di ruangan.

Manfaat lain tanaman hias ini bisa membuatnya cocok disimpan di kamar mandi Anda dan menyarmarkan bau toilet.

Toilet jadi salah satu tempat di rumah yang kebersihannya mesti terjaga. Selain harus bersih, toilet juga harus wangi agar membuat Anda nyaman di dalamnya.


Pasalnya, toilet terbaik pun bisa berbau tak sedap jika tak dirawat. Kamar mandi dan toilet biasanya sangat lembap sehingga memungkinkan jamur tumbuh, dan semakin membuatnya berbau tak sedap.

Sebagai penghilang bau alami, coba untuk menyimpan tanaman hias di kamar mandi dan toilet.

Berikut beberapa tanaman hias yang bisa membantu menghilangkan bau tak sedap di toilet.

1. Eucalyptus

Eucalyptus branch with leaves, buds and blossomEucalyptus. (iStockphoto/trigga)

Familiar dengan tanaman ini? Eucalyptus biasanya jadi bahan yang digunakan dalam obat nyamuk, kadang terdapat juga di minyak telon bayi. Wangi eucalyptus tidak disukai banyak serangga termasuk nyamuk.

Namun eucalyptus juga sering digunakan sebagai aromaterapi, losion, hingga parfum. Dengan wangi yang menenangkan dan bisa memperlancar pernapasan, tanaman satu ini cocok disimpan di kamar mandi Anda.

Anda mungkin harus punya jendela atau kamar mandi yang mendapat sinar matahari untuk menanam eucalyptus. Pilih juga eucalyptus yang tumbuh lambat dan tidak membutuhkan banyak ruang seperti eucalyptus gunnii.

2. Anggrek

potted white orchids (Phalaenopsis) on a shiny sideboard in front of a rough vintage wall, decoration with contrast between old and modern, copy space, selected focusBunga anggrek. (iStockphoto/fermate)

Tampaknya, tanaman satu ini sudah tidak asing disimpan di kamar mandi. Banyak hotel bintang lima yang menyimpan anggrek di kamar mandi. Tentunya hal ini dikarenakan wangi anggrek bisa menyamarkan bau toilet.

Selain fungsinya satu itu, anggrek juga suka kelembapan. Iklim toilet yang lembap bisa menjadi tempat yang optimal untuk menumbuhkan anggrek. Menyimpan anggrek di toilet juga bisa membuat toilet lebih sedap dipandang.

3. Mint

Plectranthus amboinicus or Mexican mint or Tiger's ear plant.Tanaman mint. (iStockphoto/kendoNice)

Ingat banyak produk permen dan pembersih gigi dengan wangi mint? Tidak ada salahnya mencoba menumbuhkan tanaman ini di kamar mandi atau toilet Anda.

Daun mint dari tanaman lamiaceae mentha memiliki aroma yang menyegarkan. Menurut Showe Jungle, aroma mint erat dengan kesan bersih dan segar sehingga sangat tepat dijadikan tanaman hias di kamar mandi.

Selain itu, tumbuhan mint juga suka kelembapan sehingga bisa menyerap kamar mandi tetap kering. Tapi ingat tumbuhan mint yang Anda simpan di kamar mandi hanya untuk menghilangkan bau, bukan untuk Anda konsumsi.

Simak sejumlah tanaman hias lain yang juga membantu menyamarkan bau tak sedap di halaman berikut.

8 Tanaman Hias Penghilang Bau Toilet

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK