HARI SUSU SEDUNIA

6 Manfaat Minum Susu untuk Kesehatan

tim | CNN Indonesia
Selasa, 01 Jun 2021 08:14 WIB
Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Ada begitu banyak manfaat dalam segelas susu. Berikut manfaat minum susu untuk kesehatan. Ilustrasi. Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Ada begitu banyak manfaat dalam segelas susu. Berikut manfaat minum susu untuk kesehatan. (Stocksnap/Krzysztof Puszczynski)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Susu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Ada begitu banyak manfaat dalam segelas susu. Berikut manfaat minum susu untuk kesehatan.

Konsumsi susu yang paling umum berasal dari sapi. Sebagaimana dilansir Healthline, kandungan secangkir susu sapi (244 gram) mengandung 146 kalori, 8 gram protein, 8 gram lemak, kalsium 28 persen dari AKG, vitamin D, vitamin B12, kalium, dan zat besi.

Susu sapi juga nikmat disajikan bersama makanan lainnya. Tinggal pilih mau hangat atau disajikan dengan es batu, manfaatnya tetap bisa dirasakan.


Bertepatan dengan Hari Susu Sedunia, ada baiknya Anda mengenal beragam manfaat susu sapi.

1. Menjaga kepadatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium, fosfor, kalium, protein, dan vitamin K2 dalam susu telah diasosiasikan dengan kesehatan tulang dan gigi.

Sekitar 99 persen kalsium tubuh disimpan di tulang dan gigi. Sementara susu kaya akan kalsium dan vitamin yang membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi.

2. Membantu mencegah penambahan berat badan

Asupan susu rutin dan berkala menurunkan risiko obesitas. Tapi manfaat ini hanya dikaitkan dengan susu murni.

Susu mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah penambahan berat badan. Kandungan proteinnya yang tinggi membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

Kemudian kandungan asam linoleat dalam susu juga meningkatkan penurunan berat badan dengan mendorong pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

3. Menjaga jantung sehat

Susu merupakan sumber potasium yang dapat menurunkan tekanan darah. Seperti dilansir Medical News Today, konsumsi potasium diikuti dengan mengurangi asupan natrium dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga mencegah stroke.

Tapi perlu diingat bahwa susu sapi mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol yang berkontribusi dalam penyakit jantung. Sebaiknya konsumsi produk olahan susu secukupnya atau ikuti saran ahli gizi Anda.

4. Mencegah kanker

Susu mengandung kalsium dan vitamin D, dua nutrisi ini dikenal dapat mencegah kanker.

Kalsium dapat melindungi lapisan usus untuk mengurangi risiko kanker usus besar atau kanker rektum. Meski beberapa penelitian juga mengaitkan kelebihan kalsium menyebabkan kanker prostat.

Sementara vitamin D berperan dalam regulasi pertumbuhan sel. Kandungannya dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus, prostat, dan kanker payudara.

5. Membentuk otot

Susu sapi membantu bayi sapi tumbuh lebih cepat, jadi masuk akal jika susu sapi dapat membantu pertumbuhan otot. Karena kaya akan protein kualitas tinggi, susu sapi bisa menjadi salah satu sumber energi.

Namun meminum susu saja tidak lantas membentuk otot. Diperlukan latihan berkala dan konsumsi makanan sehat lainnya untuk membentuk massa otot.

6. Mencegah depresi

Tingkat vitamin D yang memadai mendukung produksi serotonin, si hormon yang membuat suasana hati cerah dan bahagia. Minum susu secara langsung bisa meningkatkan mood dan mencegah depresi.

(mel/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER