Alasan Putri Diana Jarang Pakai Topi saat Kunjungi Anak-anak

Tim, CNN Indonesia | Senin, 07/06/2021 10:07 WIB
Saat mengunjungi anak-anak, mendiang Putri Diana selalu ogah tampil dengan mengenakan topi. Apa alasannya? Ilustrasi. Saat mengunjungi anak-anak, mendiang Putri Diana selalu ogah tampil dengan mengenakan topi. (AFP PHOTO/JOHNNY EGGITT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Topi menjadi salah satu ciri khas penampilan mendiang Putri Diana. Namun, dalam kunjungan resmi istana untuk bertemu dengan anak-anak, Princess of Wales itu justru enggan mengenakan topi.

Secara teratur, Diana selalu mengenakan busana berwarna biru dengan motif bunga selama kunjungan untuk menemui anak-anak. Dia tahu bahwa anak-anak akan menyukai warna dan motif yang cerah. Namun, dia tak akan pernah memakai topi yang cocok dengan gaun tersebut.

Kurator di Istana Kensington, Claudia Acott Williams mengatakan bahwa kebiasaan itu tak muncul tanpa alasan. Bagi Diana, ujar Williams, topi menjadi penghalang baginya saat akan memeluk anak-anak.


Melansir The Independent, sketsa asli gaun biru yang dibuat oleh desainer David Sassoon itu menjadi salah satu dari beberapa item kerajaan yang ditampilkan dalam pameran di Istana Kensington. Pameran juga memamerkan gaun pengantin Diana untuk pertama kalinya dalam 25 tahun.

Diana mengenakan gaun biru tersebut pada beberapa kesempatan. Termasuk di antaranya kunjungan tahun 1990 ke Lagos University Teaching Hospital, Nigeria; menengok korban AIDS di The Lighthouse Project, Inggris pada 1992; dan saat berkunjung ke asrama anak di Sao Paolo, Brasil pada 1998.

Sketsa yang digambar oleh Sassoon juga menampilkan topi besar yang serasi. Namun, topi itu tak pernah dikenakan Diana.

"Dia merasa tak bisa memeluk anak-anak saat memakainya [topi]," ujar Pangeran William.

Pameran bertajuk "Royal Style in the Making" ini mengeksplorasi hubungan antara para desainer dan anggota keluarga kerajaan.

"Pilihan busananya benar-benar menggambarkan kehati-hatian desainer dalam mempertimbangkan orang-orang yang akan ditemui para anggota kerajaan dalam banyak acara publiknya," ujar kurator di Historic Royal Palaces, Matthews Storey.

Pengunjung pameran akan disuguhi barang-barang yang belum pernah dilihat sebelumnya dari arsip kerajaan. Tak hanya itu, pameran juga menampilkan beberapa potongan proses kreatif di balik berbagai gaun penting dalam sejarah istana.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK