Mengenal Ampoule dan Fungsinya sebagai Skincare

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 19/06/2021 10:07 WIB
Sering disamakan dengan serum, apa itu ampoule? Dan apa fungsinya pada skincare? Ilustrasi. Meski sering dianggap sama, serum dan ampoule sebenarnya berbeda. (iStockphoto/ake1150sb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anda mungkin sudah mengetahui rangkaian produk perawatan kulit atau skincare seperti sunscreen, serum, serta toner, berikut dengan cara penggunaannya. Namun, selama beberapa waktu terdapat jenis produk kecantikan baru yaitu ampoule atau ampul.

Ampoule telah menjadi hal yang cukup populer di Korea Selatan untuk sementara waktu. Cairan kental dan pekat ini, terkadang dikemas dalam vial atau botol jenis penetes, dikatakan memberikan hasil yang hampir instan pada kulit.

Namun, sebenarnya apa itu ampoule? Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasan mengenai ampoule yang mungkin Anda butuhkan.


Apa bedanya dengan serum?

Banyak yang mengira bahwa ampoule dan serum adalah hal yang sama.

Bagaimanapun, keduanya mengandung jumlah bahan aktif yang sangat terkonsentrasi, cukup kecil untuk menembus jauh ke dalam kulit, serta menargetkan masalah perawatan kulit tertentu.

Kendati demikian, serum dan ampoule tidak persis sama, kata Lee Dong-won, pendiri CNP Laboratory.

"Perbedaannya adalah jumlah bahan aktif dan ukuran [molekul] bahan aktif. Sebotol ampoule mengandung bahan aktif yang lebih kental, dan ukurannya lebih kecil dari serum," kata Lee Dong-won, seperti dikutip AsiaOne.

Singkatnya, ampoule lebih kuat dari serum.

Berapa lama ampul bisa bertahan?

"Ampoule diisi dengan bahan yang sangat aktif seperti vitamin murni, enzim dalam berbagai kombinasi, dan sebagian besar waktu tidak mengandung pengawet atau bahan kimia karena kemasannya yang kedap udara," kata Cariscia Teo, trainer The Face Shop.

Selalu periksa label untuk simbol yang menyerupai bak terbuka, nomor di atasnya memberi tahu Anda berapa lama ampoule Anda akan bertahan - dalam beberapa bulan - setelah Anda membukanya.

Dia menambahkan: "Karena tidak adanya pengawet atau bahan kimia, umurnya biasanya cukup pendek setelah dibuka."

Apa yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan ampoule?

Lee Dong-won menyarankan untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit sebelum menggunakan ampoule ntuk memaksimalkan manfaatnya. Sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit dapat menghambat penyerapan.

Tentu saja, lakukan dalam jumlah sedang - Anda tentu tidak ingin berakhir dengan pengelupasan kulit yang berlebihan dan malah menyebabkan lebih banyak masalah.

Pada langkah mana dari rutinitas perawatan kulit sebaiknya Anda menggunakan ampoule?

"Ampul diformulasikan untuk memberikan dosis bahan yang optimal ke kulit, tetapi tidak digunakan sebagai pengganti serum atau esensi," kata Teo.

Gunakan dalam urutan ini: Toner, ampul, serum dan terakhir, pelembab.

Menurut Teo, itu harus berada di antara toner dan serum Anda. Anda juga dapat melewatkan serum jika merasa itu terlalu berlebihan untuk kulit Anda.

Berapa lama Anda harus menggunakannya?

Teo mengatakan cara mudah untuk memikirkan ampul adalah seperti makanan khusus atau kursus perawatan untuk kulit - sesuatu yang Anda gunakan untuk jangka waktu terbatas.

Lee Dong-won menambahkan bahwa ada frekuensi penggunaan dan itu sangat tergantung pada kondisi kulit.

"Frekuensi dan penggunaan ampul lebih bergantung pada seberapa besar keinginan Anda untuk mengatasi masalah kulit tertentu," kata Lee Dong-won.

Dia menambahkan untuk selalu ingat kemungkinan peningkatan sensitivitas kulit dan menekankan agar mulai perlahan.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK