Nabire, 'Surga' Bawah Laut di Papua

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 17:50 WIB
Jika Provinsi Papua Barat punya Raja Ampat, maka Provinsi Papua punya Nabire yang kini semakin populer sebagai destinasi wisata menyelam. Pemandangan salah satu pantai di Nabire, Papua. (iStockphoto/Widodo Teguh)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jika Provinsi Papua Barat punya Raja Ampat, maka Provinsi Papua punya Nabire yang kini semakin populer didatangi wisatawan sebagai destinasi wisata alam.

Nabire seakan menjadi surga bawah laut di Papua yang menunggu ditemukan wisatawan domestik dan mancanegara.

Dalam peta Indonesia, Kabupaten Nabire terletak di seputar "leher burung" Pulau Papua.


Nabire terdiri dari 14 distrik yakni; Dipa, Makimi, Menou, Nabire, Nabire Barat, Napan, Siriwo, Teluk Kimi, Teluk Umar, Uwapa, Wanggar, Wapoga, Yaro, dan Yaur.

Pusat kotanya ialah kota Nabire dan total penghuni kabupaten ini sekitar 172.787 jiwa.

Belum lama ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memasukkan nama Nabire ke dalam daftar destinasi diving di Indonesia yang tak boleh dilewatkan, selain Raja Ampat, Taman Nasional Komodo, dan Kepulauan Rote.

Nabire seakan menjadi destinasi yang menunggu untuk ditemukan, karena memang masih sepi turis.

Mengutip situs Pemerintah Kabupaten Nabire, beberapa pulau kecil di Nabira berpotensi sebagai destinasi wisata bahari, seperti Pulau Moor, Mambor, Hariti, Ahe, Babi, Nuburi, Pepaya, Nutabari, Mangga, Umbur, Anggarameos, Kikir dan Nuhmarau.

Kalau ingin piknik di pinggir pantai, wisatawan bisa menuju Pantai Gedo, Pantai Yamari, Pantai Burate, Pantai Nusi, Pantai Maf dan Pantai Irio.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

 

[Gambas:Instagram]



Nabire, 'Surga' Bawah Laut di Papua

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK