Kenjeran Park dan 9 Tempat Wisata Surabaya yang Terkenal

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/07/2021 16:00 WIB
Anda bisa berkunjung ke tempat wisata Surabaya yang terkenal berikut sambil menikmati suasana kota metropolitan yang sibuk dengan ragam sajian kuliner lezat. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata Surabaya yang terkenal berikut sambil menikmati suasana kota metropolitan yang sibuk dengan ragam sajian kuliner lezat. (Kenjeran Park. Foto: iStockphoto/Valens Hascaryo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagai ibu kota Jawa Timur, kota ini memiliki banyak tempat wisata Surabaya yang terkenal. Mulai dari pantai, taman, sampai museum bersejarah.

Tak cuma itu, lokasinya yang strategis tepatnya di hilir Sungai Brantas, menjadikan Surabaya sebagai titik singgah awal jika wisatawan ingin melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo, Kawah Ijen, atau kota wisata di sekitarnya seperti Malang.

Bagi Anda yang berencana menghabiskan liburan di dalam negeri dengan ragam sajian kuliner lezat serta suasana malam yang seakan tak pernah mati, silakan berkunjung ke Surabaya untuk menikmati destinasi wisatanya, seperti berikut.


1. Jembatan Suramadu

Jembatan SuramaduJembatan Suramadu adalah salah satu tempat wisata Surabaya yang terkenal yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura. (Foto: Pixabay/farisshidqi)

Selagi ada rencana ke Surabaya, jangan lewatkan untuk jalan-jalan ke Pulau Madura supaya melewati Jembatan Suramadu yang panjangnya 5.438 meter.

Sejumlah wisatawan luar Surabaya seringkali melipir ke tepi jembatan untuk sekadar berswafoto sambil melihat kapal-kapal yang lewat di bagian bawah jembatan karena gratis.


2. Surabaya North Quay

[Gambas:Instagram]

Salah satu tempat wisata yang terkenal banyak dikunjungi wisatawan adalah Surabaya North Quay yaitu dermaga bagi kapal pesiar (cruise) internasional.

Surabaya North Quay ini memiliki beberapa lantai yang terdiri atas tempat berbelanja, kuliner, dan paling tinggi ada rooftop untuk bersantai sambil melihat kapal-kapal besar bersandar.


3. Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan - National Monument in Surabaya, Heroes Day, East Java, IndonesiaTugu Pahlawan adalah salah satu tempat wisata Surabaya yang terkenal. (Foto: Istockphoto/Murmakova)

Terletak di area lapangan luas, Tugu Pahlawan Surabaya juga termasuk lokasi wisata edukasi untuk mengenang jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan.

Di kawasan Tugu Pahlawan terdapat Museum yang sekaligus bisa Anda kunjungi. Biaya masuknya cukup terjangkau yaitu Rp 5 ribu.


4. Museum House of Sampoerna

Seorang perempuan berada tak jauh dari lukisan yang dipamerkan di Galeri Seni 'House of Sampoerna' Surabaya, Rabu (28/1). Pameran lukisan bertajuk 'Legenda Cinta Nusantara' yang memajang 25 lukisan karya delapan pelukis yang tergabung dalam BRUSH 7+ tersebut, bermakna tentang legenda cinta rakyat yang sarat akan pesan moral dituangkan dalam imaji cinta kelokalan, dengan bentuk drawing, ilustrasi dan grafis. ANTARA FOTO/Eric Ireng/Rei/pd/15.Museum House of Sampoerna adalah salah satu tempat wisata Surabaya yang terkenal. (Foto: ANTARA FOTO/Eric Ireng/Rei/pd/15.)

Tempat wisata Surabaya yang terkenal selanjutnya Museum House of Sampoerna yaitu produsen rokok kretek di Indonesia.

Di museum ini pengunjung bisa melihat bagaimana proses pembuatan rokok secara gratis. Selain itu ciri khas ketika masuk ke sini Anda akan disambut oleh aroma tembakau.


5. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe atau Monjaya adalah sebuah monumen yang menggambarkan sosok perwira TNI Angkatan Laut gagah saat menantang lautan luas.

'Jalesveva Jayamahe' berarti 'di laut kita berjaya' yang diambil dari motto TNI AL. Di tempat ini pengunjung bisa melihat segala hal dari bidang maritim. Tiket masuknya Rp5 ribu.


6. Pantai Kenjeran Lama

Nelayan mencari ikan di tengah laut di kawasan Pantai Kenjeran Surabaya, Jawa Timur, Minggu (12/6). Menurut nelayan setempat dampak cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi beberapa hari yang lalu membuat tangkapan ikan mereka menurun hingga 50 persen. ANTARA FOTO/Moch Asim/kye/16Pantai Kenjeran adalah salah satu tempat wisata Surabaya yang terkenal. (Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim)

Ingin merasakan suasana pantai bersih, ombaknya tenang, dan mencuci mata melihat luasnya hamparan laut, Pantai Kenjeran Lama adalah pilihan tepat.

Dengan membayar Rp15 ribu, Anda sudah dapat sepuasnya menikmati segala macam kegiatan air seperti memancing, naik perahu, berenang, atau sekadar bersantai.


7. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo merupakan tempat wisata terkenal untuk menikmati kawasan ekosistem hutan bakau sambil menaiki perahu menyusuri sungai.

Masuk ke wisata mangrove ini dikenakan biaya Rp30 ribu. Selain menawarkan asrinya hutan yang terawat, bila beruntung Anda bisa bertemu aneka satwa liar di sekitar hutan.


8. Pasar Turi

Kawasan Pasar Turi memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan meskipun area ini sudah banyak ditinggalkan warga lokalnya.

Pasar tradisional ini menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari barang elektronik, perlengkapan rumah, kebutuhan pokok, sampai aneka kuliner bisa Anda temui di sini.


9. Rumah Batik Jawa Timur

Batik adalah kain khas Indonesia yang dijadikan sebagai warisan kebudayaan dan banyak tersebar di Pulau Jawa termasuk Surabaya.

Di Rumah Batik Jawa Timur, pengunjung dapat melihat ribuan koleksi batik dengan berbagai motif serta gaya. Selain itu, Anda juga bisa membelinya untuk oleh-oleh.


10. Kenjeran Park

[Gambas:Instagram]

Kalau di Jakarta ada Dufan, maka di Jawa Timur ada Kenjeran Park atau Kenpark, yaitu taman rekreasi yang memiliki berbagai miniatur monumen ikonis seperti di luar negeri.

Tempat wisata Surabaya yang terkenal ini cocok untuk rekreasi dengan anak-anak karena terdapat banyak wahana permainan. Tiket masuknya mulai dari Rp30-35 ribu.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK