Beda Junk Food dan Fast Food Menurut Ahli Gizi

CNN Indonesia | Sabtu, 12/06/2021 19:34 WIB
Banyak orang beranggapan bahwa fast food dan junk food adalah satu hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan. Ilustrasi. Junk food dan fast food adalah dua hal yang berbeda. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak orang yang beranggapan bahwa makanan siap saji (fast food) dan junk food adalah satu hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan.

Makanan siap saji (fast food) sangat mudah ditemukan saat ini. Kedainya menjamur di berbagai sudut kota besar. Masyarakat urban yang cenderung sibuk akan memilih makanan ini karena mudah didapat, proses pembuatannya pun relatif singkat.

Fast food biasanya dianggap sebagai junk food. Keduanya dianggap minim nutrisi, mudah didapat, dan diproses dalam waktu singkat. Namun sebenarnya, ada perbedaan antara fast food dan junk food.


"Tidak bisa disamakan antara junk food dan fast food, keduanya punya perbedaan," kata dokter ahli gizi Tatik Bardosono, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (11/6).

1. Beda definisi

Tatik mengatakan, fast food dan junk food memiliki perbedaan definisi.

Fast food mengacu pada makanan cepat saji. Artinya, makanan tersebut diolah dalam waktu singkat dan cenderung menggunakan bahan instan. Sementara junk food mengacu pada makanan minim nutrisi yang terlalu banyak kalori, garam, gula, dan lemak sehingga disebut 'makanan sampah'.

2. Beda pengolahan

Perbedaan fast food dan junk food selanjutnya adalah proses pengolahannya. Fast food diolah dengan cepat. Sementara mengolah junk food bisa jadi butuh waktu lebih lama.

Contohnya, bakwan goreng yang proses memasaknya lama, termasuk dalam junk food. Bakwan kaya akan kalori, lemak jenuh, dan minim nutrisi sehingga menjadikannya junk food.

3. Fast food bisa bernutrisi

Berbeda dengan junk food, fast food bisa saja bernutrisi. Meskipun diolah dengan cara instan, fast food tidak akan menjadi junk food jika menggunakan bahan-bahan yang sehat.

"Fast food bisa bernutrisi jika ada banyak varian bahan, seperti ada sayurannya," kata Tatik.

4. Junk food dipastikan tidak sehat

Tatik mengatakan, junk food dipastikan tidak sehat. Junk food pasti kaya akan kalori, gula, atau garam.

"Junk food pasti tidak sehat, sementara fast food bisa sehat tergantung variasi bahannya," ucapnya.

(mel/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK